Latest News

Anak Pengidap Obesitas Tak Sehat Pembuluh Darahnya

Anda yang punya anak kelebihan berat badan perlu waspada. Para periset dari Perancis menyimpulkan, anak-anak pengidap obesitas memperlihatkan perubahan pembuluh darah yang tidak sehat.

Perubahan itu mencakup hilangnya elastisitas dan fungsi normal pembuluh darah lainnya yang membuat risiko mereka mengalami gangguan kesehatan di kemudian hari semakin besar.

Dalam pengkajiannya, Dr. Damien Bonnet dan sejawatnya dari Necker Enfants-Malades Teaching Hospital di Paris, menggunakan ultrasound untuk meneliti pembuluh-pembuluh darah 48 anak yang mengalami kelebihan berat badan serta 27 anak dengan berat normal.

Secara garis besar peneliti melihat, anak-anak yang mengalami kelebihan berat memperlihatkan tanda-tanda buruknya kesehatan pembuluh darah. Misalnya, dinding-dinding pembuluh darah anak yang kelebihan berat badan itu ternyata lebih mengalami pengerasan dibanding anak yang beratnya normal. Lalu secara umum, juga terlihat penurunan fungsi susunan pembuluh darah itu.

Seperti dilaporkan oleh sebuah jurnal kesehatan, The Lancet, menurut peneliti disfungsi jaringan pembuluh darah pada anak itu merupakan tahap awal bertambahnya risiko serangan jantung dan stroke. Jadi, perlu segera dipikirkan cara mencegah kegemukan sejak usia dini.