Di Manakah Negara "Tergemuk"?

Adakah negara yang mayoritas penduduknya kegemukan? Ternyata ada. Berdasarkan survei WHO tentang obesitas, Pasifik Selatan merupakan wilayah yang paling banyak memiliki warga gemuk-gemuk. Republik Nauru adalah negara paling gemuk di dunia. Sekitar 94 persen populasi penduduk di sana mengalami kegemukan.

Dalam daftar 10 negara berpenduduk paling gemuk, 8 di antaranya berada di wilayah Pasifik Selatan. Nauru menduduki urutan pertama, hampir seluruh orang dewasa di sana kegemukan. Sementara itu, keadaan di negara sekitarnya, seperti Micronesia, Tonga, dan Cook Island, sedikit lebih baik.

Menurut data kesehatan dunia (WHO), 90 persen pria dan wanita di ujung wilayah Pasifik tersebut kelebihan berat badan atau obesitas. Perubahan pola makan, kurangnya olahraga, serta serbuan makanan cepat saji ala barat, menjadi faktor penyebab.

Selain itu, pertumbuhan penduduk di kepulauan tersebut menyebabkan pergeseran pola makan, dari yang biasanya mengkonsumsi buah dan sayuran menjadi makanan berlemak yang harganya lebih murah. Para ahli sering mengkaitkan obesitas dengan kemiskinan. Makanan yang murah-meriah memang tinggi kalori tetapi rendah nutrisi.

Faktor lain yang ditemukan adalah pengaruh budaya. Menurut paham masyarakat di sana, kecantikan diukur dari ukuran tubuh yang besar, akibatnya banyak orang ingin gemuk.
Selain negara-negara di wilayah Pasifik Selatan, Kuwait dan Amerika Serikat termasuk dalam daftar 10 negara berpenduduk kegemukan. WHO memperkirakan di seluruh dunia ada 1,6 miliar orang yang kegemukan. Angka tersebut akan meningkat 40 persen dalam 10 tahun mendatang. /Kompas