Hallux Valgus dan Bunion - Kelainan Pada Ibu Jari Kaki

Hallux valgus adalah kelainan letak ibu jari kaki, dimana persendian pada dasar tonjolan jari kaki keluar dari sebelah bagian luar kaki dan ibu jari kaki tersebut menunjuk ke dalam (menghadap jari kaki yang lebih kecil). Bunion adalah pembengkakan yang sakit sekali pada kantung berisi cairan (bursa) pada dasar jari kaki yang terjadi karena hallux vagus.

PENYEBAB

Penyebab hallux valgus biasanya adalah alas kaki yang pas dan menyakitkan, tetapi mudah luka terhadap gangguan ini tampak menurun di dalam keluarga. Karena fashion wanita seringkali mendikte sepatu yang kurang baik, wanita lebih mudah mengalami kelainan bentuk ini.

GEJALA

Hallux valgus benar-benar membuat pelebaran pada kaki karena dasar tonjolan ibu jari kaki keluar dari kaki. Penyimpangan pada ibu jari kaki juga terjadi, sehingga ibu jari kaki itu menunjuk keluar jari kaki yang lebih kecil. Akibatnya benjolan pada tepi jari kaki, dimana kepala metatarsal bertemu dasar ibu jari kaki. Di bawah benjolan ini adalah bursa (kantung berisi cairan). Bursa tersebut menjadi teriritasi dengan pergesekkan dengan sepatu, mengakibatkan pembengkakan pada bursa di bawah benjolan, dengan demikian meningkatkan ukuran benjolan-hal ini disebut bunion. Iritasi berlanjut pada bunion dengan pergesekkan dengan sepatu menyebabkan meningkatnya pertumbuhan tulang dan pembengkakan lebih lanjut pada bursa, pembesaran bunion dan pelebaran lebih lanjut pada kaki.

DIAGNOSA

Dokter biasanya bisa membuat diagnosa pada hallux valgus dan bunion dengan secara langsung meneliti kaki. Sinar X bisa membantu untuk memastikan tingkat hallux valgus.

PENGOBATAN

Rasa sakit bisa diobati dengan menyuntikkan campuran kortikosteroid dengan anestesi lokal ke dalam bunion. Alas pelindungBunion atau sepatu yang dimodifikasi bisa juga membantu menghilangkan tekanan yang sangat sakit di seluruh bunion. Kadangkala Bunion yang sangat menyakitkan atau tingkat parah pada hallux valgus bisa membutuhkan perbaikan operasi pada posisi jari kaki tersebut.