Kemasukan Benda di Hidung dan Telinga

Kapas, potongan pensil, kertas, kerikil, dan kacang-kacangan adalah hanya sedikit dari banyak benda yang dmasukkan oleh anak di telinga dan hidung mereka. Serangga kadangkala menjalar ke dalam telinga dan menyebabkan rasa sakit yang signifikan.

Benda di dalam telinga bisa diangkat dengan menyiramkan air steril atau garam, menggunakan pengisap, atau dengan gunting atau alat lain. Seorang dokter bisa mengangkat serangga dengan meletakkan anestesi topikal atau minyak mineral di dalam telinga, yang membunuh serangga tersebut, menghentikan rasa sakit, dan membuat pengangkatan lebih mudah. Anak yang lebih kecil, anak kecil yang lebih takut bisa memerlukan anestesi umum untuk prosedur ini.

Benda-benda tajam, seperti pensil, bisa melubangi gendang telinga anak. Pelubangan memerlukan pemeriksaan oleh dokter spesialis, tetapi kebanyakan sembuh dengan sendirinya bersamaan dengan waktu tanpa kehilangan pendengaran.

Benda yang melekat pada hidung memerlukan konsentrasi lebih karena mereka bisa mempengaruhi saluran udara anak tersebut, menyebabkan infeksi, dan sulit untuk diangkat. Anak seringkali takut untuk mengakui apa yang mereka masukkan ke dalam hidung ; banyak orangtua menjadi lebih hati-hati pada masalah tersebut hanya setelah anak tersebut mengalami pendarahan yang berlangsung lama, hidung meler, kotoran yang sangat berbau, atau kesulitan bernafas pada salah satu hidung saja.

Dokter menggunakan anestesi topikal dan berusaha untuk mengangkat benda tersebut menggunakan penghisap atau gunting. Jika cara ini tidak berhasil, dokter mungkin perlu menenangkan anak atau memberikan anestesi umum untuk mengangkat benda tersebut.