Apneu Pada Bayi Prematur

Apneu Pada Bayi Prematur adalah suatu keadaan dimana bayi prematur berhenti bernafas untuk sementara waktu dan biasanya berlangsung selama 15-20 detik.

PENYEBAB
Apneu ini bisa terjadi pada bayi yang lahir sebelum usia kehamilan mencapai 34 minggu.
Kemungkinan penyebabnya adalah:
# Ketidakmatangan bagian otak yang mengontrol pernafasan
# Penyumbatan saluran udara bagian atas
# Refluks gastroesofageal (pengaliran balik asam lambung ke dalam kerongkongan) yang bisa merangsang suatu refleks yang menyebabkan terjadinya apneu.

GEJALA
Periode apneu seringkali mulai terjadi dalam beberapa hari setelah bayi lahir.
Bayi bisa mengalami episode pernafasan biasa yang diselingi oleh apneu. Jika apneu berlangsung lebih dari 20 detik, maka kadar oksigen dalam darah akan turun sehingga bayi menjadi biru dan denyut jantungnya lambat.

DIAGNOSA
Diagnosis ditegakkan berdasarkan gejala dan hasil pemeriksaan fisik.

PENGOBATAN
Untuk mencegah penyumbatan jalan udara kepala dan leher bayi diusahakan berada dalam satu garis lurus dan bayi dibaringkan terlentang atau miring.
Jika serangan apneu terus berlanjut, terutama jika bayi menjadi biru atau denyut jantungnya menjadi lambat, bisa diberikan aminofilin atau kafein. Obat ini merangsang pusat pernafasan di otak, sehingga pernafasan terus berlanjut dan episode apneu akan berkurang.
Jika serangan apneu tetap berlanjut, diberikan doksapram.
Jika keadaan bayi sangat berat, mungkin perlu dipasang ventilator.

Refluks gastroesofageal diobati dengan cara memperkental susu bayi dengan gandum atau dengan mengangkat kepala bayi sehingga posisinya lebih tinggi daripada badan bayi.
Kebanyakan episode apneu berhenti pada usia 34 minggu.