Kecemasan Berpisah (Separation Anxiety)

Kecemasan berpisah (Separation anxiety) adalah perasaan takut anak kecil bahwa orangtua mereka akan meninggalkan mereka.

Anak dengan separation anxiety panik dan menangis ketika orangtua meninggalkan mereka, bahkan jika hanya untuk pergi ke ruang sebelah. separation anxiety adalah normal untuk bayi berusia sekitar 8 bulan, paling hebat diantara usia 10 dan 18 bulan, dan biasanya sembuh diusia 2 tahun. Kehebatan dan durasi separation anxiety seorang anak bervariasi sebagian tergantung pada hubungan orang tua-anak. Biasanya, separation anxiety pada seorang anak yang kuat dan sehat menempel pada orangtua lebih cepat sembuh dibandingkan seorang anak yang kedekatannya kurang kuat.

Separation anxiety terjadi suatu waktu ketika bayi mulai tahu bahwa orangtua mereka adalah pribadi yang unik. Karena mereka memiliki ingatan yang tidak lengkap dan tidak peka pada waktu, anak kecil ini takut setiap kepergian orangtua mereka kemungkinan tetap. separation anxiety sembuh sebagaimana perkembangan anak yang kecil pada ingatan dan menjaga gambar orangtua di pikiran ketika mereka pergi. Anak tersebut mengingat kembali bahwa di masa lalu orangtua akan kembali.

Orangtua harus tidak membatasi atau membatalkan perpisahan dalam reaksi separation anxiety karena melakukannya sehingga bisa membahayakan perkembangan dan kematangan anak tersebut. Ketika orangtua siap untuk meninggalkan rumah (atau meninggalkan anak tersebut pada pusat perawatan anak), mereka harus memastikan orang tersebut dengan siapa mereka meninggalkan anak tersebut untuk mengalihkan anak tersebut dengan mainan, sebuah mainan, atau kegiatan lain. Dengan demikian, orangtua harus tinggal di rumah tetapi di ruangan yang berbeda, mereka harus tidak segera kembali dalam reaksi terhadap tangisan, tetapi sebaliknya harus memanggil anak tersebut dari ruangan lain. Ini mengajar anak tersebut bahwa orangtua masih ada meskipun anak tersebut tidak melihat mereka. separation anxiety kemungkinan memburuk ketika seorang anak lapar atau lelah, sehingga memberi makan anak tersebut dan membiarkan anak tidur sebentar sebelum meninggalkan mereka bisa juga membantu.

Separation anxiety pada usia normal tidak menyebabkan bahaya jangka panjang terhadap anak tersebut. separation anxiety yang berlangsung melebihi usia 2 tahun bisa atau tidak bisa menjadi sebuah masalah bergantung pada jarak perbedaan dengan perkembangan anak tersebut. Hal ini normal untuk anak untuk merasakan beberapa ketakutan ketika meninggalkan pra sekolah atau taman kanak-kanak. Perasaan ini harus berkurang dengan waktu. Jarang. Rasa takut berlebihan pada perpisahan menghalangi seorang anak menghadiri perawatan anak atau pra sekolah atau menjaga seorang anak bermain secara normal dengan teman sebaya. Kegelisahan ini umumnya tidak normal (gangguan separation anxiety. Pada kasus ini, orangtua harus mencari perawatan medis untuk anak tersebut.