Pneumotoraks

Pneumotoraks adalah penimbunan udara di dalam rongga dada di sekeliling paru-paru yang menyebabkan paru-paru kolaps.

Pada bayi yang paru-parunya kaku, terutama jika pernafasannya dibantu oleh ventilator, udara bisa merembes dari alveoli ke dalam jaringan ikat di paru-paru dan kemudian ke dalam jaringan lunak diantara paru-paru dan jantung (keadaan ini disebut pneumonediastinum).
Pneumomediastinum biasanya tidak mempengaruhi fungsi pernafasan dan tidak perlu dilakukan pengobatan khsusus. Tetapi pneumomediastinum bisa berkembang menjadi pneumotoraks.

Pneumotoraks terjadi jika udara merembes ke dalam rongga dada di sekeliling paru-paru (rongga pleura), dimana bisa terjadi penekanan terhadap paru-paru.
Kolaps sebagain pada paru-paru bisa tidak menimbulkan gejala dan tidak memerlukan pengobatan. Tetapi jika paru-paru yang kolaps sangat tertekan, bisa berakibat fatal, terutama pada bayi yang menderita penyakit paru yang berat.
Udara yang terperangkap bisa menyebabkan kesulitan bernafas dan mengganggu peredaran darah di rongga dada. Pada keadaan ini,, udara di sekeliling paru-paru harus segera dikeluarkan dengan bantuan sebuah jarum atau selang.

PENYEBAB
Paru-paru dan dinding dada keduanya elastis. Ketika Anda menarik napas dan menghembuskan napas, paru-paru Anda sementara mengempis ke dalam ketika dinding dada mengembang ke luar. Kedua kekuatan yang berlawanan membuat tekanan negatif dalam ruang antara tulang rusuk dan paru-paru. Ketika udara masuk ruang itu, baik dari dalam maupun di luar paru-paru, tekanan yang diberikan dapat menyebabkan semua atau bagian dari paru-paru yang terkena kolaps.

Ada beberapa jenis pneumotoraks, didefinisikan menurut apa yang menyebabkan mereka:

   1. Pneumotoraks spontan primer. Pneumotoraks spontan primer diperkirakan berkembang ketika udara kecil menggelembung (lepuh) pada bagian atas paru-paru yang pecah. Lepuh disebabkan oleh kelemahan dalam jaringan paru-paru dan dapat pecah dari perubahan tekanan udara ketika Anda melakukan scuba diving, terbang, memanjat gunung atau, menurut beberapa laporan, mendengarkan musik sangat keras. Selain itu, seorang pneumotoraks spontan primer mungkin didapat ketika merokok ganja, setelah napas dalam-dalam, diikuti oleh pernapasan lambat melawan menutup sebagian bibir yang memaksa asap lebih dalam ke dalam paru-paru. Tapi yang paling sering, gelembung pecah tanpa alasan yang jelas.

      Faktor genetik mungkin memainkan peran dalam pneumotoraks spontan primer karena kondisi ini dapat berjalan dalam keluarga. Sebuah pneumotoraks spontan primer biasanya ringan karena tekanan dari bagian paru-paru yang kolaps mungkin pada gilirannya menutup lepuh.
   2. Pneumotoraks spontan sekunder. Ini berkembang pada orang yang sudah memiliki kelainan paru-paru, terutama emphysema, yang semakin merusak paru-paru. Kondisi lain yang dapat menyebabkan pneumotoraks spontan sekunder meliputi TBC, pneumonia, cystic fibrosis dan kanker paru-paru. Dalam kasus ini, pneumotoraks terjadi karena jaringan paru-paru berpenyakit ada di sebelah ruang pleura.

      Pneumotoraks spontan sekunder dapat lebih parah dan bahkan mengancam jiwa karena jaringan berpenyakit dapat membuka lubang yang lebih luas, sehingga memungkinkan lebih banyak udara ke dalam rongga pleura yang lebih kecil, gelembung pecah. Selain itu, orang-orang dengan penyakit paru-paru telah mengurangi cadangan paru-paru, membuat setiap pengurangan fungsi paru-paru yang lebih serius. Sebuah pneumotoraks spontan sekunder hampir selalu memerlukan drainase selang dada untuk pengobatan.
   3. Traumatic pneumotoraks. Setiap cedera tumpul atau tembus ke dada Anda dapat menyebabkan paru kolaps. Pisau dan luka tembak, pukulan ke dada, bahkan kantong udara mobil dapat menyebabkan pneumotoraks. Jadi dapat luka-luka yang tidak sengaja terjadi selama prosedur medis tertentu, seperti pemasukan slang ke dada, cardiopulmonary resusitasi (CPR), dan biopsi paru-paru atau hati.
   4. Tension pneumotoraks. Jenis yang paling serius dari pneumotoraks, hal ini terjadi ketika tekanan di dalam rongga pleura lebih besar daripada tekanan atmosfer, entah karena udara menjadi terperangkap di dalam rongga pleura atau karena udara masuk adalah dari tekanan positif ventilator mekanis. Kekuatan udara dapat menyebabkan paru-paru yang terkena runtuh sepenuhnya. Dapat juga dorongan Jantung menuju uncollapsed paru-paru, menekanan keduanya. Ketegangan pneumotoraks datang tiba-tiba, berkembang dengan cepat dan mematikan jika tidak ditangani dengan cepat.

GEJALA
Tanda dan gejala dari pneumotoraks biasanya meliputi:

   1. Nyeri dada tiba-tiba, tajam pada sisi yang sama paru-paru yang terkena - sakit ini tidak terjadi di tengah dada di bawah tulang dada
   2. Sesak napas, yang mungkin lebih atau kurang berat, tergantung pada berapa banyak paru-paru Anda rusak
   3. Suatu perasaan sesak di dada
   4. Detak jantung yang cepat

Jika hanya sejumlah kecil memasuki ruang udara antara paru-paru dan dinding dada Anda (rongga pleura), Anda mungkin memiliki sedikit tanda-tanda atau gejala. Namun, bahkan paru-paru yang agak rusak cenderung menyebabkan nyeri dada dan beberapa sesak napas yang perlahan-lahan meningkat selama beberapa jam untuk satu hari atau lebih, bahkan jika tidak berkurang ukuran kerusakan.

Kapan ke dokter Konsultasikan ke dokter Anda segera jika Anda memiliki dada tiba-tiba sakit dan sulit bernapas apapun. Banyak kondisi selain pneumotoraks dapat menyebabkan gejala-gejala ini, dan sebagian besar memerlukan diagnosis yang akurat dan pengobatan cepat. Jika nyeri dada parah atau pernapasan menjadi semakin sulit, langsung mendapatkan perawatan darurat.

DIAGNOSA
Sebuah pneumotoraks umumnya didiagnosis dengan menggunakan sinar-X dada. Tes lain kadang-kadang dilakukan, termasuk:

   1. Computerized tomography (CT) scan. CT adalah teknik sinar-X yang menghasilkan gambar lebih-rinci dari sinar-X konvensional lakukan. Hal ini dapat dilakukan jika dokter Anda mencurigai pneumotoraks setelah pemeriksaan perut atau dada . CT scan dapat membantu menentukan apakah penyakit yang mendasarinya mungkin telah menyebabkan paru-paru Anda kolaps - sesuatu yang mungkin tidak muncul di X-ray biasa.
   2. Tes darah. Ini dapat digunakan untuk mengukur tingkat oksigen dalam darah arteri.

PENGOBATAN
Tujuan merawat pneumotoraks adalah untuk mengurangi tekanan pada paru-paru, sehingga kembali berkembang, dan untuk mencegah rekuren. Metode terbaik untuk mencapai hal ini tergantung pada tingkat keparahan kerusakan paru-paru dan kadang-kadang kesehatan Anda secara keseluruhan:

   1. Observasi. Jika paru-paru anda kurang dari 20 persen rusak, dokter Anda mungkin hanya memantau kondisi Anda dengan serangkaian sinar-X dada hingga benar-benar menyerap udara dan paru-paru Anda telah kembali berkembang. Karena mungkin waktu berminggu-minggu untuk pneumotoraks untuk menyembuhkan sendiri Namun, sebuah jarum atau selang dada dapat digunakan untuk mengeluarkan udara, bahkan untuk pneumotoraks kecil dan tidak mengancam.
   2. penyisipan jarum atau tabung ke dada. Ketika paru-paru Anda telah rusak lebih dari 20 persen, dokter anda kemungkinan akan mengeluarkan udara dengan menyisipkan sebuah jarum atau tabung hampa (tabung dada) ke dalam ruang antara paru-paru dan dinding dada Anda. Tabung dada sering menempel pada perangkat pengisapan yang terus menghilangkan udara dari rongga dada dan dapat dibiarkan pada tempatnya selama beberapa jam sampai beberapa hari.
   3. Pengobatan pneumotoraks lain. Jika anda telah memiliki lebih dari satu pneumotoraks, Anda mungkin harus menjalani perawatan untuk mencegah rekuren lebih lanjut.

      Prosedur pembedahan yang umum disebut video-assisted thoracoscopy, yang menggunakan insisi kecil dan kamera video kecil untuk memandu operasi. Dalam prosedur ini, dua atau tiga tabung ditempatkan antara tulang rusuk Anda sementara Anda dalam anestesi umum. Melalui salah satu tabung, ahli bedah dapat mengamati dengan fiberscope, sementara melalui tabung lain, ahli bedah berupaya untuk menutup kebocoran udara dengan instrumen bedah. Jarang sekali, jika prosedur ini tidak berhasil, dilakukan prosedur pembedahan dengan sayatan yang diperlukan.

      Tabung dada tetap selama diperlukan sampai udara di dalam rongga pleura hilang dan tidak kambuh ketika dada tabung dijepit dan diperiksa dengan sinar-X. Video-dibantu thoracoscopy mengurangi rasa sakit dan waktu pemulihan yang lebih pendek dibandingkan jenis operasi lainnya lakukan karena rongga dada dapat diakses tanpa merusak rusuk.

PENCEGAHAN
Meskipun sering tidak mungkin untuk mencegah pneumotoraks, berhenti merokok merupakan cara penting untuk mengurangi risiko pneumotoraks pertama dan menghindari kekambuhan.