Sudah 19 Tahun Menikah Enggak Tahu Orgasme?


Pendapat bahwa orang yang sudah menikah memiliki lebih banyak pengetahuan tentang seks sepertinya salah kaprah. Faktanya, masih ada pasangan yang sama sekali tidak tahu soal seks meski sudah bertahun-tahun menikah.

Spesialis kandungan dan kebinanan dr Frizar Irmansyah, SpOG, dari Rumah Sakit Pusat Pertamina membenarkan hal tersebut. Bahkan, dia mengatakan kalau kehidupan seks orang Indonesia itu masih nol.

"Setelah saya lihat di lapangan memang pengetahuan tentang seks orang berumah tangga itu nol," ujarnya.

Hal yang mencengangkan terjadi pada salah satu pasiennya. Meski sudah berumah tangga selama 19 tahun dan memiliki empat anak, pasiennya sama sekali tidak tahu apa maksud dari orgasme waktu ditanya.

"Coba bayangkan dalam jangka waktu sebegitu lamanya, laki-laki berumah tangga tidak tahu apa itu orgasme, sangat mengkhawatirkan," ungkapnya.

Menurut dr Frizar, pasangan Indonesia selama ini memang kurang peduli dengan pengetahuan seks setelah menikah. Yang terpenting hanyalah bagaimana suami puas. Perkara perempuan sudah puas atau belum, pria tidak mau tahu.

Padahal, sudah menjadi kewajiban bagi pria untuk memerhatikan dan mempelajari anatomi dan fase tubuh wanita agar lebih mengetahui titik-titik mana saja yang menjadi pusat rangsangan pasangan. Mempelajari soal teknik juga hal wajar yang harusnya dipahami supaya kehidupan seks tidak monoton.

"Di sinilah komunikasi menjadi sangat dibutuhkan untuk setiap pasangan," katanya. (Kompas,Jumat, 22 Oktober 2010)