Yuk Kenali Ginseng Asli Korea!


SIAPA  tak kenal dengan  Ginseng. Tanaman asal Korea ini sudah dikenal beribu-ribu tahun sebagai ramuan yang berkhasiat bagi kesehatan.

Dalam perkembangannya, ginseng yang dikenal masyarakat kini tidak hanya sebatas asal Korea saja, tetapi juga berasal dari berbagai belahan dunia.  Padahal, Ginseng asli Korea diyakini memiliki khasiat yang lebih unggul dan teruji dibanding jenis lain .

Prof Dr Kim Si Kwan yang dikenal sebagai pakar Ginseng Korea dari Biomedical and Health Science, Konkuk University, menegaskan bahwa ginseng memiliki komponen utama bernama Saponin.

Jenis dan kandungan Saponin dalam Ginseng Korea, kata Prof Kim jauh lebih banyak dibanding jenis ginseng lainnya sehingga khasiatnya pun diyakini lebih besar.

"Saponin Ginseng Korea memiliki 23 jenis sedangkan saponin ginseng Barat, Jepang atau China hanya sekitar 8 hingga 15.  Oleh karena itu khasiat Ginseng Korea sangat tinggi," ujarnya.

Di Indonesia, kata Prof Kim, Ginseng Korea akan sangat cocok digunakan masyarakat mengingat kondisi iklim dan cuaca yang panas.

"Ginseng sangat baik untuk memelihara daya tahan tubuh dan stamina. Untuk daerah panas seperti Indonesia, ramuan ginseng dapat membantu  mengendalikan suhu tubuh dan memperlacar sirkulasi darah," jelasnya,

Prof Kim juga menambahkan bahwa riset dan penelitian tentang khasiat ginseng sudah berjumlah puluhan ribu.  Ginseng terbukti efektif membantu penyembuhan berbagai jenis penyakit mulai dari masalah pembuluh darah, jantung, diabetes hingga kanker.

Kompas,Jumat, 31 Oktober 2008, edited