Nikmatnya Berendam Dalam Anggur Merah


ADA kebiasaan menarik untuk merayakan acara yang dinamai French Beaujolais Nouveau di Jepang. Sebuah spa resort Hakone Yunessun yang terletak di barat daya Tokyo, memberi kesempatan bagi para tamunya untuk merayakan kegembiraan dengan mandi bersama di sebuah kolam yang penuh dengan anggur merah sambil mencicipi segarnya anggur merah.

Beaujolais Nouveau, merupakan anggur merah segar, dari Perancis dan sangat istimewa karena dinikmati setiap tahun pada Kamis ketiga dalam bulan November di seluruh dunia. Beaujolais Nouveau (dieja bow-joe-lay noo-vo), nouveau artinya baru dan Beaujolais adalah anggur yang diproduksi di Burgundy Perancis.

Rasa anggur ini segar dan enak diminum. Ini karena tidak seperti anggur lain, anggur-anggur Beaujolais Nouveau bukanlah anggur yang dipetik kemudian difermentasi bertahun-tahun dan dikemas (botol) serta dikirimkan lewat kapal ke seluruh dunia, melainkan diproses dengan cepat.

Hasil dari proses pengemasan dalam botol yang berlangsung cepat ini adalah anggur merah segar yang dapat dirasakan setiap orang. Karena itu, Beaujolais Nouveau cocok dipadu dengan daging panggang matang, beragam pasta, salad dan keju. Sangat nikmat bila dirasai dengan daging terutama ayam kalkun. Biasanya digunakan di acara tradisional Thanksgiving dan tersaji dalam keadaan dingin,  55°F.

Berendam dalam anggur yang ditaburi kelopak bunga mawar selama 20 menit diyakini dapat memperhalus kulit. Kandungan polifenolnya yang berfungsi sebagai antioksidan baik untuk meningkatkan elastisitas kulit sekaligus mencerahkan kulit. Anggur merah tidak mengandung kadar gula, karena itu tidak akan lengket di kulit saat kita berendam di dalamnya.

Berendam Dalam Anggur Merah
1. Mulai dengan terapi kaki. Rendam kaki dengan foot soak dan yoghurt. Lalu scrub kaki untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Akhiri dengan masker untuk memberi gizi pada kulit. Kaki akan terasa segar dan lembut.

2. Pijat terapi aroma. Lakukan selama 1 jam penuh untuk melemaskan otot-otot dan merilekskan pikiran.

3. Baluri tubuh dengan campuran minyak lavender, geranium, teh, mawar yang mengandung antiseptik alami dicampur dengan gula untuk ‘adonan’ scrub dari bahan-bahan alami selama 30 menit. Tambahkan buah anggur segar, agar kulit lebih sehat dan berkilau.

4. Terakhir, berendamlah dalam air hangat yang dicampur dengan sebotol anggur merah, susu segar, ditaburi kelopak bunga mawar. Sebagai penutup, nikmati segelas anggur merah yang nikmat dan segar.

(Kompas,Jumat, 21 November 2008)