Ini Cara Menjaga Payudara Tetap Sehat di Tiap Usia

Setiap perempuan pasti akan menjaga salah satu aset penting dari tubuhnya yaitu payudara. Berikut ini cara-cara yang bisa dilakukan untuk menjaga payudara Anda tetap sehat di setiap usia.

Pertambahan usia dan perubahan hormon yang dialami oleh perempuan tentu akan mempengaruhi ukuran, bentuk dan juga hal-hal lainnya di payudara. Untuk itu para ahli memberikan langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk menjaga payudara tetap indah dan sehat sehingga terhindar dari penyakit seperti kanker payudara.

Berikut ini cara agar payudara tetap sehat di tiap usia, seperti dikutip dari CNN, Sabtu (27/10/2012) yaitu:

1. Payudara di usia 30-an tahun

Biasanya payudara pada usia ini masih memiliki elastisitas yang baik dan kencang. Jika perempuan hamil maka payudara akan menjadi lebih besar, tapi kondisi ini tidak bertahan secara permanen.

Diperkirakan ukuran payudara akan berkurang setengah cup setelah ia melahirkan atau memberikan ASI. Fenomena ini disebut dengan breast involution, yaitu proses yang mana sistem pembuatan susu dalam payudara akan menyusut karena tidak diperlukan lagi.

Pada usia ini payudara perlu mendapatkan dukungan yang baik, karena itu gunakan ukuran bra yang pas termasuk ketika sedang berolahraga. Jika payudara bergerak ke atas dan bawah saat olahraga, maka itu menunjukkan payudara tidak mendapatkan dukungan yang baik. Kondisi ini bisa membuat payudara turun atau tidak lagi kencang.

Selain itu, pada usia ini risiko kanker payudara masih terbilang rendah, walaupun tetap tidak bisa diabaikan. Salah satu cara untuk menurunkan risiko ini adalah dengan menyusui.

2. Payudara di usia 40-an tahun

Pada usia ini persentase lemak di payudara meningkat, dan lemak ini cenderung menahan efek gravitasi sehingga payudara akan mulai terlihat menurun dan juga tidak terlalu kencang.

Ketika usia bertambah, otot punggung melemah yang membuatnya cenderung bungkuk sehingga mempengaruhi bentuk payudara. Untuk itu disarankan berdiri tegak, serta memperkuat otot punggung atas dan dada untuk menjaga bentuk dari payudara.

Cobalah berdiri tegak dengan bahu rileks serta lengan di sisi tubuh, lalu gunakan alat peregang untuk menarik ke sisi kiri dan kanan tubuh, lakukan dengan mengulang hingga 8-12 kali selama 1 menit.

3. Payudara di usia 50-an tahun

Ketika usia makin bertambah, perubahan hormonal menyebabkan lemak menumpuk di beberapa bagian tubuh, terutama di perut, wajah dan payudara. Hampir semua jaringan payudara diganti dengan lemak dan kulit kehilangan elastisitasnya sehingga jadi kendur.

Sebenarnya tidak ada cara yang benar-benar ajaib untuk menyelamatkan seseorang dari kondisi payudara kendur, tapi jika melakukan latihan dada sebanyak 2-3 kali dalam seminggu bisa meningkatkan aliran darah dan memperkuat otot yang mendasarinya.

Karena pada usia ini payudara cenderung berlemak sehingga berisiko kanker payudara, maka mammogram baik dilakukan untuk mendeteksi kanker. Walaupun ada kemungkinan mendapatkan hasil negatif palsu untuk skrining kanker payudara ini. (detikhealth)