Rahasia Agar Payudara Tetap Indah dan Tak Gampang Kisut

Akibat penuaan, volume payudara akan berkurang kemudian mengendur. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan agar payudara tetap indah sepanjang masa.

Sebuah penelitian menemukan bahwa menyusui bayi, menggunakan pelembab dan menjalani terapi hormon dapat membuat payudara tampil lebih cantik.

Tapi kebiasaan buruk seperti merokok, minum alkohol dan hamil bayi kembar dapat mengurangi keindahan payudara.

Selama 3 tahun, ahli bedah plastik bernama Hooman T. Soltanian dari University Hospitals Case Medical Center di Cleveland, Ohio meneliti 161 pasangan kembar. Soltanian mengumpulkan data dari wanita berusia 25 - 74 tahun. Rata-rata peserta penelitian berusia 45,5 tahun.

"Teorinya adalah pasangan kembar memiliki payudara yang sama dari sudut pandang genetik. Jika terjadi perbedaan, itu lebih mungkin disebabkan karena faktor lingkungan," kata Soltanian seperti dilansir Mid-day.com, Jumat (7/9/2012).

Hasil temuan yang dimuat Aesthetic Surgery Journal ini menunjukkan bahwa pelembab memberikan efek yang positif bagi penampilan payudara.

Rahasia agar payudara tetap indah adalah:

1. Payudara yang sering diberi pelembab lebih sedikit dijumpai adanya keriput. Nampaknya perawatan kulit dapat memperlambat proses penuaan payudara.

2. Wanita yang menjalani terapi penggantian hormon setelah menopause juga memiliki bentuk payudara yang lebih menarik, baik dari segi ukuran, komposisi maupun bentuknya serta ukuran puting.

3. Rajin menyusui bikin payudara awet muda.
Penelitian ini juga menampik mitos mengenai dampak negatif dari menyusui bayi. Meskipun ukuran dan bentuk puting berubah akibat menyusui, namun kualitas kulit payudara wanita yang menyusui lebih baik dibanding yang tidak menyusui.(detikhealth)