Terungkap, Alasan Ukuran Buah Dada Wanita Berbeda

Payudara merupakan 'aset' berharga perempuan yang paling digilai kaum pria.

Namun sadarkah kaum Hawa bahwa ternyata antara 'bukit kembar' kanan dan kiri memiliki ukuran berbeda?

Studi baru yang dilakukan oleh Mayo Clinic menyebutkan bahwa hampir tujuh dari 10perempuan merasa payudara kiri dan kanan mereka tidak sama dalam penampilan.

Seperti dikutip Times of India, pakar estetika terkemuka dari Hyderabad India, Dr. Priti Shukla mengungkapkanpenyebab payudara asimetris dapat dilihat dari beberapa faktor.

Faktor genetika menjadi salah satu faktor penyebab. Hal lainnya dapat berupa perubahan hormonal yang terjadiatau cedera traumatis ke area payudara dalam tahap perkembangan.

Shukla menambahkan, terdapat Polandia Sindrom yang merupakan kondisi pada remaja perempuan yang dapatmenyebabkan payudara asimetris.

Hal ini ditandai dengan kurangnya otot pektoralis (otot dada) dan tidak adanya perkembangan payudara padasatu sisi tubuh.

Produksi hormon estrogen selama pubertas merangsang pertumbuhan jaringan payudara pada anakperempuan.

Biasanya, ini dimulai sekitar dua tahun setelah menstruasi pertama dan berlanjut selama dua sampai empattahun berikutnya. Setelah usia 21, dalam banyak kasus, payudara selesai berkembang.

Ada beberapa jenis payudara asimetris, namun perbedaan dalam hal volume payudara kiri dan kananmerupakan gangguan yang paling umum.

Namun selain itu terdapat pula gangguan lainnya,kedua bentuk payudara memiliki bentuk yang berbeda,memiliki puting dengan ketinggian yang berbeda, ataupun salah satu payudara tidak memiliki jaringan payudarayang banyak.

Cara pengobatan

Bagaimana payudara asimetris diobati? Ketika payudara asimetris sangat terlihat, cara yang paling efektif untukmemperbaiki perbedaan pada payudara kiri dan kanan adalah melalui operasi.

Ukuran payudara yang terasa berbeda dapat diperbaiki dengan menggunakan implan payudara tunggal yangdapat membuat payudara yang sama dalam ukuran.

Namun penderita payudara asimetris disarankan untuk mengunjungi ahli bedah kosmetik yangberpengalaman untuk menentukan pilihan bedah yang cocok untuk memberikan solusi yang terbaik bagikebutuhan mereka (sumber :Inilah)