Cara Tahu Ukuran Payudara dengan Tepat


SECARA alami, seorang wanita tahu benar ukuran bra. Benarkah? Walau terdengar konyol, sebagian besar (sekira 90 persen) wanita mengenakan bra dengan ukuran yang tidak tepat.

Dalam banyak kasus, ukuran bra tidak pas terjadi akibat kesalahan manusia. Para wanita, Anda harus belajar bagaimana mengenali tubuh untuk bisa mendapatkan ukuran bra yang tepat.

Hal utama untuk memahami bra adalah bahwa barang wajib wanita ini memiliki dua bagian, yakni band size dan cup. Band pada dasarnya adalah tali yang melingkar di sekitar dada dan punggung dimana gesper bra berada sedangkan cup adalah bagian dari bra yang menopang payudara. Cara membedakan band dan cup ketika berbelanja bra adalah dengan melihat label. Sebagai contoh, bra yang diberi label 34B berarti ukuran band-nya adalah 24 inci sedangkan B adalah ukuran cup. Demikian yang okezone kutip dari Carefair.


Ukuran bra di setiap negara cukup bervariasi, tidak hanya dari satu produsen ke produsen lainnya. Jadi, hal pertama yang harus diingat adalah, tidak semua ukuran bra cocok dengan cara yang sama di tubuh Anda.

Anda mungkin bertanya-tanya, apa efek negatifnya mengenakan bra dengan ukuran tidak tepat? Jawabannya, payudara Anda tidak mendapatkan penopang yang memadai. Lama-kelamaan, Anda akan merasakan ketidaknyamanan pada daerah dada, nyeri punggung, dan penyakit ringan lainnya. Kelemahan lain saat memakai bra dengan ukuran tidak tepat adalah berkaitan dengan penampilan. Memakai ukuran cup yang terlalu besar menyebabkan bra tampak berkerut sehingga payudara tidak terlihat sempurna. Sementara bra yang terlalu ketat bisa “mencubit” kulit di sekitar daerah tulang rusuk sehingga payudara tidak tersanggah sempurna.

Dengan bertambahnya usia, payudara mengalami perubahan, baik karena memiliki anak, menyusui, atau proses penuaan. Karenanya, ukuran bra juga akan mengalami perubahan. Kunci untuk selalu tahu bahwa Anda memakai ukuran bra yang tepat adalah mengukur tubuh sendiri setidaknya tiap dua tahun.

Cara paling sederhana untuk mengukur tubuh adalah dengan menjalankan pita pengukur melingkari bagian bawah payudara hingga ke ujung pertemuan di tengah dada. Catat nomor ukuran Anda, lalu tambahkan 5 inci. Itulah ukuran band Anda.

Sementara untuk mengukur ukuran cup, jalankan meteran pada bagian atas payudara hingga ke tubuh bagian belakang. Berikut adalah salah satu cara menentukan ukuran tepat dari cup Anda: AA = 1, A = 1, B = 2, C = 3, dan lain-lain. (okezone)