4 Scrub Alami dari Gula Pasir



Gula pasir merupakan salah satu bahan yang paling banyak digunakan untuk proses eksfoliasi. Teksturnya yang agak kasar mampu mengangkat lapisan kulit mati yang membandel, memunculkan kulit baru yang lebih lembut dan sehat. Itu karena gula mengandung asam glikolik, alpha hydroxy acids alami yang bisa mengelupas tanpa membahayakan kesehatan kulit. Tidak perlu ke salon, untuk melakukan eksfoliasi dengan scrub gula pasir Anda bisa membuat campurannya sendiri di rumah. Berikut ini adalah beberapa resep scrub dari gula pasir yang disarankan oleh Care2.

1. Scrub gula pasir sederhana

Campurkan setengah cangkir gula pasir dengan minyak zaitun/minyak jagung/minyak biji bunga matahari secukupnya untuk menjadikan scrub lebih lembut. Aduk hingga tercampur sempurna. Setelah itu oleskan ke seluruh tubuh dan gosok perlahan selama beberapa menit. Setelah itu bilas dengan air hangat sampai kulit benar-benar bersih dan tidak terasa lengket. Gunakan scrub ini sebulan dua kali saja.

2. Scrub gula pasir dan gliserin

Campurkan dua sendok makan gula pasir dengan dua sendok makan gliserin yang terbuat dari sayuran, sedikit lendir lidah buaya, dan beberapa tetes minyak esensial. Aduk sampai rata lalu gunakan untuk mengelupas kulit wajah. Bagi yang alergi terhadap lidah buaya, sebaiknya buat campuran ini tanpa menggunakan lendir lidah buaya.

3. Scrub gula dan tomat

Alpha hydroxy acids dalam buah tomat bermanfaat untuk mengelupas sel kulit mati secara alami. Untuk membuatnya Anda tinggal mencampurkan seperempat cangkir gula palem dan tomat yang sudah dicincang. Setelah itu tambahkan dengan yogurt tawar atau krim asam. Aduk sampai rata lalu gunakan untuk mengelupas sel kulit mati di wajah. Diamkan selama sepuluh menit, kemudian bilas? dengan air hangat. Setelah itu keringkan wajah dengan handuk lembut.

4. Scrub gula dan pisang

Merdeka.com - Pisang mengandung banyak vitamin yang baik untuk kecantikan kulit, karena itu sering dijadikan masker atau scrub wajah. Untuk membuatnya Anda tinggal mencampurkan satu buah pisang dengan tiga sendok makan gula. Hancurkan daging pisang dengan garpu hingga terbentuk pasta kental. Hati-hati jangan sampai campuran menjadi terlalu lembek. Setelah itu oleskan pada wajah. Gosok perlahan sampai kulit terasa lembut. Kemudian bilas dengan air hangat.

Itulah empat resep scrub alami berbahan dasar gula yang bisa Anda buat sendiri di rumah.