5 Cara mencegah timbulnya jerawat


Jerawat dianggap sebagai momok yang menakutkan, tidak hanya bagi wanita, tetapi juga pria. Bekas luka akibat jerawat dapat membuat kulit tampak kusam dan bahkan rusak. Untuk meminimalisir kerusakan kulit karena jerawat, kita perlu melakukan pencegahan dini. Berikut adalah lima cara mencegah timbulnya jerawat, seperti dilansir Magforwomen.


1.Menjaga wajah tetap bersih

Sangat penting untuk menjaga wajah tetap bersih. Polusi udara dan pemakaian makeup dapat membuat poi-pori wajah tersumbat dan memicu munculnya jerawat. Maka, Anda pun harus rajin mencuci wajah setidaknya dua atau tiga kali sehari. Gunakan pembersih wajah yang ringan dan lembut. Setelah membersihkan wajah, keringkan wajah dengan handuk bersih.

2.Hindari makanan berminyak

Makanan berminyak dapat memperburuk masalah jerawat. Cobalah untuk menghindari gorengan dan makanan berlemak lainnya yang dapat membuat kondisi jerawat menjadi lebih parah. Hindari pula makanan yang terlalu manis atau asin, karena selain tidak baik untuk kesehatan, itu juga tidak baik untuk kesehatan kulit.

3.Melembapkan

Oleskan pelembap yang mengandung formula anti-jerawat untuk mencegah timbulnya jerawat. Kekeringan pada kulit dapat menyebabkan gatal-gatal dan ketika Anda menggaruknya, itu akan meninggalkan bekas luka pada kulit wajah. Pilihlah produk pelembap sesuai jenis kulit Anda.

4.Produk anti-jerawat

Ada beberapa produk yang dapat membersihkan kulit dari minyak berlebih dan juga menghilangkan bakteri. Namun, Anda harus lebih berhati-hati dalam memilih produk anti-jerawat, karena itu bisa menyebabkan kondisi jerawat menjadi lebih parah, jika Anda memiliki kulit yang benar-benar sensitif.

5.Menggunakan sedikit makeup

Kebanyakan wanita sering mencoba untuk menutupi jerawat atau bekas jerawat dengan memakai makeup tebal. Tetapi tahukah Anda bahwa makeup menyumbat pori-pori kulit untuk waktu yang lama dan bahan kimia di dalamnya dapat membuat kondisi jerawat menjadi semakin buruk. Maka, hindari terlalu sering memakai makeup tebal. Pada hari-hari biasa, usahakan untuk tidak memakai makeup sama sekali, agar kulit Anda bisa bernapas lega.

Inilah lima cara agar terbebas dari jerawat. Biasakan untuk menjaga kebersihan kulit wajah dan hanya memakai makeup tipis pada hari-hari biasa.