5 Cara sehat menghilangkan jerawat



Jerawat mempengaruhi 45% dari wanita berusia 21-30 tahun, 26% wanita usia 31-40 tahun, dan 12% dari wanita berusia 41-50 tahun, menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Massachusetts General Hospital. Stres, gejolak hormonal, kosmetik, dan lingkungan menjadi faktor penting yang memicu timbulnya jerawat. Ingin bebas dari jerawat? Yuk simak tips dari Health.com.

1. Makan buah alpukat

Makanan yang kaya akan lemak sehat dapat membantu mengurangi jerawat lho. Maka, sertakan makanan sehat seperti alpukat, kacang-kacangan mentah, biji-bijian, zaitun, dan ikan.

2. Batasi susu

Susu tidak dapat menimbulkan jerawat. Namun, bagi mereka yang mudah berjerawat dan rentan terhadap efek dari susu, minuman sehat ini dapat memperparah kondisi jerawat.

3. Perbanyak konsumsi zinc

Zinc sangat penting untuk struktur dan fungsi membran sel. Senyawa ini juga dikenal ampuh dalam mengurangi jerawat lho. Daging, telur, jamur, produk gandum, dan tiram merupakan sumber zinc yang baik bagi tubuh.

[5 Cara mengatasi jerawat membandel]

4. Pilih karbohidrat yang tepat

Konsumsilah makanan yang memiliki indeks glikemik rendah karena ampuh dalam memperbaiki kerusakan kulit Anda. Pastikan Anda memilih jenis karbohidrat yang tepat seperti beras merah, oatmeal, dan ubi jalar.

5. Fokus pada vitamin A

Vitamin A dapat larut dalam lemak dan sangat diperlukan untuk kulit sehat. Sebuah studi menunjukkan bahwa suplemen vitamin A dapat memperbaiki kondisi jerawat. Untuk itu, sertakan makanan kaya vitamin A seperti bayam, tomat, dan wortel.

Perbanyak konsumsi air putih dan lakukan olahraga secara rutin. Dengan menerapkan gaya hidup sehat, Anda dapat menjaga kecantikan kulit dan kebugaran tubuh Anda.