5 Hal Yang Perlu Diperhatikan, Sebelum Membuat Masker Alami


Perawatan kecantikan buatan sendiri akan lebih sehat karena tanpa bahan kimia. Oleh karena itu penting untuk mempersiapkan perawatan ini dengan higienis. Kurangnya kebersihan mulai dari bahan dan alat yang digunakan akan mempengaruhi perawatan Anda. Bisa jadi Anda akan infeksi karena banyaknya kuman dan virus yang menempel pada bahan dan alat tersebut.

Agar perawatan kecantikan secara alami dapat bekerja dengan baik, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Berikut adalah lima hal penting untuk sebelum membuat dan menggunakan produk kecantikan buatan sendiri dilansir healthmeup (22/4/2013).

1.Gunakan air bersih

Banyak perawatan kecantikan buatan sendiri yang memakai air sebagai bahan utama. Namun, jangan menganggap air dari dapur atau wastafel kamar mandi sudah cukup bersih. Air tanpa filter dari keran Anda dapat mengandung kuman dan bakteri yang bisa mengiritasi kulit bahkan menyebabkan jerawat. Sebaiknya gunakan air yang sudah disaring atau air yang matang.

2.Bersihkan wastafel dan alat

Ketika akan mempersiapkan produk kecantikan buatan sendiri, jangan lupa untuk memastikan kebersihannya. Misalnya, mencuci mangkuk sebelum menuangkan masker. Pastikan bahwa setiap mangkuk, dan sendok sudah disterilkan. Jika Anda lebih suka stoples kaca sebaiknya rebus dahulu selama tiga sampai lima menit sebelum pemakaian. Untuk alat seperti pinset Anda bersihkan dengan alkohol agar steril.

3.Sensitivitas produk

Reaksi alergi terhadap bahan alami dari produk kecantikan buatan sendiri bisa terjadi, meski Anda tidak memiliki jenis kulit sensitif. Sebelum menerapkan masker pada wajah, coba mengujinya di area tertentu pada kulit Anda. bisa pada pergelangan tangan. Jika terasa gatal, ruam, peradangan dan kemerahan, hindari menggunakannya. Ganti dengan bahan lain yang cocok dengan kulit Anda.

4.Berhemat

Cuka, garam atau gula adalah bahan tambahan untuk membuat sebuah masker wajah atau lulur. Gunakan bahan-bahan ini seefisien mungkin. Sebab bahan tersebut juga berfungsi untuk kebutuhan dapur Anda bukan? Selain itu, gunakan buah yang segar, jangan pilih buah yang rusak untuk dijadikan masker.

5.Penyimpanan

Cara sederhana untuk menjaga produk kecantikan buatan Anda tetap bisa digunakan dalam waktu lebih lama adalah dengan didinginkan. Bila Anda menggunakan sayuran segar, buah-buahan atau produk tahan lama lainnya, penting untuk menjaga ramuan itu untuk didinginkan. Sekali lagi, tidak mungkin untuk membuat masker yogurt, apel, stroberi dan bahan lain selama berminggu-minggu. Bahan ini hanya bisa bertahan dalam hitungan hari. Buang masker jika sudah mulai bau atau teksturnya berubah.

Jika digunakan dengan benar, produk kecantikan buatan sendiri relatif aman dan murah. Ingatlah untuk menggunakan bahan yang fresh dan dalam kondisi yang baik.