6 Makanan yang Membuat Gigi Menguning

Gigi yang putih bersih tentu akan meningkatkan rasa percaya diri Anda. Banyak cara yang dilakukan orang untuk mendapatkannya, supaya senyum mereka bisa tampak menawan. Namun sayangnya tidak banyak yang tahu bagaimana cara mencegah gigi menguning. Beberapa makanan ini bisa bikin senyum Anda tak cantik lagi. Berikut alasannya dilansir dari Women's Health Mag.

1. Buah beri hitam
Kandungan anti-oksidan dalam buah beri hitam memang tinggi, dan itu baik untuk melindungi tubuh Anda dari radikal bebas di lingkungan. Namun, buah ini juga bisa membuat gigi Anda menguning jika dikonsumsi rutin tiap hari tanpa menyikat gigi sesudahnya. Kandungan pigmen hitam keunguan di dalamnya dapat meninggalkan bekas yang bisa mengubah warna putih gigi secara perlahan.

2. Buah bit
Buah berwarna keunguan ini juga dikenal memiliki anti-oksidan yang tinggi. Buah bit bisa digunakan sebagai pewarna bibir alami saat Anda kehabisan lipstik di waktu yang tidak tepat. Sayangnya, warna ungu kemerahan yang kuat itu bisa membuat gigi Anda menguning. Oleh karenanya, ingatlah untuk selalu menyikat gigi setelah beberapa menit mengonsumsi buah bit.

3. Biskuit/crackers
Kandungan karbohidrat yang tinggi dalam biskuit akan berubah menjadi gula ketika sedang dikunyah. Nah, inilah yang nantinya akan melekat pada gigi dan membuatnya jadi saran kuman-kuman yang bisa membuat gigi berwarna kekuningan.

4. Acar
Anda pasti sudah mengenal cita rasa acar dengan baik. Rasa asam yang kuat seperti ini ternyata bisa mengikis enamel dan membuat gigi jadi mudah bernoda, serta menumbuhkan karang gigi.

5. Kopi dan teh
Dua minuman yang mengandung kafein ini sudah lama disebut menjadi penyebab gigi kekuningan, apalagi jika diminum dalam keadaan panas. Coba saja minum kopi atau teh, lalu tekan tisu pada gigi depan Anda. Pasti akan terlihat noda kuning di tisu Anda. Untuk menghindarinya, segeralah berkumur dengan air putih beberapa menit setelah kopi/teh Anda habis.

6. Saus tomat
Tingginya kadar asam dalam saus tomat bisa mengikis enamel gigi dan membuatnya jadi mudah menguning. Sebisa mungkin hindari mengonsumsi saus tomat lebih dari dua kali sehari agar gigi putih Anda bisa tetap terjaga.

Jadi, selalu perhatikan jumlah konsumsi makanan-makanan ini setiap harinya.