7 Makanan Yang Bikin Kulit Kusam

Kulit tidak hanya butuh nutrisi dari luar, tetapi juga dari dalam. Jadi, Anda harus tahu bahwa ada beberapa nutrisi tertentu yang membantu kulit menjadi lebih sehat dan cerah. Namun, ada pula beberapa makanan yang dapat memperburuk kesehatan kulit dan membuatnya jadi kusam. Berikut adalah makanan yang harus Anda hindari jika ingin memiliki kulit cerah dan sehat, seperti dilansir Boldsky.

1. Gula

Terlalu banyak gula tidak baik bagi kesehatan serta kulit Anda. Terlalu banyak mengonsumsi gula hanya akan menyebabkan keriput pada usia dini. Kadar gula tinggi akan mempengaruhi jaringan kolagen, sehingga menyebabkan kulit melemah, dan membuatnya lebih cepat keriput.

2. Garam

Mengonsumsi garam secara berlebihan dapat merusak tekstur kulit. Cara terbaik adalah dengan menghindari makanan yang memiliki jumlah tinggi garam di dalamnya.

3. Alkohol

Para ahli mengatakan bahwa alkohol dapat menghambat sekresi hormon anti-diuretik yang menyebabkan tubuh dehidrasi. Ini juga menyebabkan vasodilatasi, yang menyebabkan tubuh kehilangan air melalui kulit.

4. Minuman soda

Jika Anda sering mengonsumsi soda, ini bisa menjadi mimpi buruk untuk kulit Anda. Kandungan kafein yang hadir dalam minuman soda menjadi penyebab utama untuk keriput di usia dini.

5. Daging merah

Konsumsi daging merah dapat menyebabkan reaksi peradangan pada tubuh. Radikal bebas yang dihasilkan oleh daging merah dapat mengalahkan jumlah anti-oksidan dalam tubuh sehingga menimbulkan kulit berminyak.

6. Makanan olahan

Makanan kaleng olahan tidak baik untuk kulit. Makanan kaleng rendah kandungan serat dan berisiko meningkatkan kadar glikemik yang membuat kulit terlihat kusam dan bengkak.

7. Kopi

Kafein merupakan stimulan yang dikenal dapat meningkatkan produksi kortisol dalam tubuh. Senyawa ini meningkatkan proses penuaan dengan mempercepat penipisan kulit. Kopi dapat membuat kulit dehidrasi dan menyebabkan keriput dini.

Inilah makanan dan minuman yang harus Anda batasi konsumsinya agar tetap memiliki kulit cerah dan sehat.