8 penyebab munculnya jerawat di dahi

Jerawat menjadi momok yang menakutkan bagi siapapun yang memperhatikan kecantikan wajah. Selain pipi, dahi menjadi salah satu bagian wajah yang mudah berjerawat. Sebelum mencari tahu apa pengobatan yang tepat untuk mengatasinya, tidak ada salahnya untuk mengenali penyebab dari jerawat itu sendiri. Nah, berikut adalah delapan penyebab munculnya jerawat di dahi, seperti dilansir stylecraze.com.

Menurut pengobatan China, jerawat di dahi berhubungan dengan gangguan pencernaan. Tetapi, ada juga penyebab lain yang dapat memicu jerawat di dahi, antara lain:

1. Pori-pori tersumbat

Dahi terletak pada T-Zone, yang dikenal dengan produksi minyak berlebih. Oleh karenanya, pori-pori di sekitar dahi mudah tersumbat oleh minyak, yang kemudian menyebabkan jerawat.

2. Ketombe di rambut

Ketombe di rambut dapat memicu timbulnya jerawat di dahi. Cobalah untuk tidak menutupi dahi dengan poni tebal karena itu akan semakin memperburuk kondisi jerawat.

3. Kulit kepala berminyak

Kulit kepala berminyak menjadi salah satu penyebab munculnya jerawat. Minyak berlebih yang ada pada kulit kepala bisa merembes ke sekitar daerah dahi dan menyumbat pori kulit.

4. Obat tertentu

Obat-obatan tertentu seperti pil KB memiliki kecenderungan memicu jerawat di dahi pada sebagian orang. Konsultasikan masalah ini pada dokter Anda setiap kali Anda diberi resep obat.

5. Masalah pencernaan

Masalah Pencernaan menjadi salah satu penyebab munculnya jerawat di dahi. Masalah ini dapat diatasi dengan melakukan diet seimbang. Minumlah banyak air dan memperbanyak makan sayuran berdaun hijau dan buah-buahan. Hindari makanan yang digoreng dan cepat saji. Jangan lupa pula untuk selalu berolahraga secara teratur.

6. Stres

Stres adalah salah satu hal yang berkontribusi pada jerawat. Yoga dan meditasi dapat membantu Anda mengurangi tingkat stres. Anda juga bisa melakukan kegiatan positif yang baik untuk tubuh dan pikiran.

7. Mengenakan helm dan topi

Sering naik motor? Atau suka memakai topi? Anda selalu dianjurkan untuk menutupi kepala dan dahi dengan kain katun bersih, sebelum memakai helm atau topi. Mengapa? Karena terlalu lama memakai topi dan helm dapat menumpuk debu, kotoran, dan minyak di dahi. Yang akhirnya dapat memicu munculnya jerawat.

8. Penyebab hormonal dan faktor genetik lainnya

Beberapa wanita mendapat jerawat di dahi ketika memasuki masa menstruasi. Sangat sulit untuk berurusan dengan faktor hormonal dan genetik, karena itu berhubungan dengan kondisi tubuh seseorang.

Inilah delapan penyebab munculnya jerawat di dahi. Untuk menghindarinya, Anda harus lebih memperhatikan kebersihan rambut dan kulit wajah, supaya pori-pori kulit tidak tersumbat kotoran, debu dan minyak.