Kaledo, Sup Kaki Sapi Khas Palu

Palu merupakan ibukota dari Provinsi Sulawesi Tengah. Nama Palu sendiri berasal dari kata topalu'e yang berarti tanah yang terangkat sebab berada di dataran tinggi. Selain terkenal dengan keindahan alamnya, kota Palu juga memiliki beragam kuliner yang menggugah selera. Sebut saja kaledo, sup gurih dari kaki lembu donggala.

Kaledo berasal dari dua kata, ka yang berarti keras dan ledo yang berarti tidak (dibaca terbalik: tidak keras). Kata kaledo sendiri diambil dari bahasa penduduk setempat yaitu bahasa kaili. Namun, sebagian orang juga mengartikan kaledo sebagai kependekan dari kaki lembu donggala.

Uniknya, sup kaki sapi ini biasa disantap dengan singkong atau ubi kayu rebus. Jika ingin lebih nikmat, tambahkan bawang merah goreng khas Palu dan perasan jeruk nipis sesuai selera. Wah, dijamin bikin lidah bergoyang!

Bahan dan cara pembuatan kaledo pun terbilang cukup sederhana, antara lain kaki lembu donggala, asam, cabai, jeruk nipis, dan garam. Oleh karenanya, kaledo memiliki kuah bening kecokelatan dengan aroma yang segar.

Untuk merasakan kelezatan sumsum kaledo, kita bisa menggunakan pisau kecil, sumpit ataupun sedotan. Kemudian tinggal diseruput deh! Rasanya gurih, segar, dan nikmat sekali. Penasaran dengan rasanya? Jika berencana pergi ke Palu, jangan lewatkan kesempatan untuk makan kaledo.



# merdeka, @kliksehat, @femonaindonesia