Lagi, Rahasia Manfaat Tomat Untuk Kecantikan


Selain sehat untuk disantap, tomat juga dikenal memiliki banyak khasiat untuk kecantikan kulit. Tomat mengandung likopen yang merupakan antioksidan yang dapat membantu membuat kulit tampak lebih cerah dan bersinar. Kandungan senyawa ini juga melindungi kulit terhadap radiasi berbahaya dari matahari. Berikut adalah lima khasiat kecantikan yang terkandung dalam tomat, seperti dilansir Boldsky.

1. Mengecilkan pori-pori

Pori-pori kulit yang besar dapat menyebabkan kotoran dan debu terakumulasi di kulit. Ini dapat menyebabkan infeksi. Ambil satu sendok makan jus tomat segar. Tambahkan 2-3 tetes air lemon ke dalamnya dan kemudian oleskan campuran ini pada kulit wajah Anda. Pijat dalam gerakan melingkar. Biarkan selama 15 menit dan bilas dengan air dingin.

2. Mengobati jerawat

Tomat kaya akan vitamin A dan C yang sangat membantu dalam menyembuhkan jerawat. Jika Anda memiliki jerawat ringan, potong tomat jadi dua dan kemudian oleskan pada jerawat. Dalam kasus yang parah, haluskan satu buah tomat dan oleskan secara merata pada wajah. Biarkan selama satu jam dan kemudian bilas dengan air.

3. Sebagai astringen

Campur jus ketimun dan tomat dalam proporsi yang sama. Oleskan masker ini secara merata pada wajah dan lakukan perawatan ini dengan teratur. Kandungan senyawa dalam tomat juga dapat membantu untuk menjaga kulit terbebas dari minyak.

4. Menghilangkan komedo

Untuk menghilangkan masalah komedo, gunakan kombinasi tomat dan alpukat. Kombinasi ini dapat membantu membersihkan kulit dan membuatnya jadi lebih halus. Gunakan masker ini secara teratur untuk membantu menyingkirkan komedo.

5. Menyembuhkan peradangan kulit

Tomat memiliki efek menenangkan terhadap radiasi berbahaya dari matahari. Parut setengah tomat dan campur dengan dua sendok makan yogurt. Oleskan masker ini secara merata pada area tubuh yang sering terkena paparan sinar matahari. Bilas setelah setengah jam. Tomat adalah obat terbaik untuk menyembuhkan peradangan kulit.

Inilah lima khasiat menakjubkan dari tomat yang tidak hanya mempercantik kulit Anda, tetapi juga menyehatkannya.