Lalampa, lemper khas Gorontalo


Diapit oleh dua perairan, Teluk Tomini di selatan dan Laut Sulawesi di utara, Provinsi Gorontalo terkenal dengan keindahan alamnya yang sangat menakjubkan.

Gorontalo atau yang juga dikenal dengan sebutan bumi serambi Madinah, memiliki keragaman kuliner yang sayang untuk dilewatkan. Contohnya saja lalampa. Lalampa adalah hidangan sejenis lemper yang diisi dengan ikan tongkol, yang kemudian dibungkus dengan daun pisang dan dibakar hingga harum.

Sajian unik khas Gorontalo ini sepintas memang mirip lemper Jawa. Disamping isiannya yang berbeda, lemper tidak dibakar seperti lalampa, tetapi hanya dikukus. Bahan dasar pembuatan lalampa, antara lain beras ketan, garam, daun pandan, santan, ikan tongkol, dan bumbu halus. Sebelum dibakar, lalampa akan diolesi terlebih dulu dengan minyak sayur. Inilah yang membuat lalampa jadi lebih istimewa. Aromanya pun terasa lebih kuat dan meresap hingga ke dalam.

Kudapan nikmat asli Pulau Sulawesi ini banyak ditemukan di pasar-pasar tradisional ataupun hotel berbintang. Masyarakat setempat biasanya menyantap lalampa selagi hangat, sembari menyeruput teh manis atau kopi.

Bagi Anda yang suka sajian berbahan dasar ikan, kudapan lezat ini sangatlah cocok sebagai pelengkap minum teh di sore hari. Apalagi jika disantap selagi hangat. Dijamin bikin ngiler deh!



# merdeka, @kliksehat, @femonaindonesia