10 Jenis Makanan untuk Kesehatan Mata



Menjaga kesehatan mata sangatlah penting mengingat mata merupakan organ vital dalam kehidupan manusia. Salah satu dari panca indera.

Sekarang ini masalah kesehatan mata menjadi begitu kritis. Berapa banyak anak muda yang harus menggunakan kacamata, bukan untuk terlihat gaya atau fashinable, namun untuk menunjang penglihatan mereka yang buruk. Bahkan banyak anak-anak yang sekarang sudah harus menggunakan kacamata.

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan mata adalah dengan memberinya nutrisi yang dibutuhkan, terutama vitamin A. Berikut ini beberapa jenis makanan dengan kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan mata anda.

1. Alpukat

Lutein merupakan antioksidan yang sangat penting untuk mata. Lutein ditemukan terkonsentrasi di makula, daerah kecil retina yang bertugas untuk penglihatan sentral. Lutein membantu menjaga mata aman dari stres oksidatif dan energi tinggi foton cahaya biru. Berbagai penelitian telah menunjukkan ada hubungan langsung antara asupan lutein dan pigmentasi di mata. Nah, avokad mengandung jumlah tertinggi lutein, bila dibandingkan dengan buah-buahan lainnya.

2. Wortel

Wortel kaya akan beta-karoten, antioksidan yang membantu mengurangi risiko katarak dan degenerasi dari otot-otot mata. Info lebih lengkap, silahkan baca artikel: Manfaat dan Kandungan Wortel.

3. Kacang-kacangan

Kenari dan almon sangat baik untuk mata. Kacang-kacangan kaya akan vitamin E, yang dapat mencegah katarak.

4. Ikan

Mereka yang suka ikan memiliki penglihatan yang sehat. Minyak ikan mengandung lemak esensial atau asam lemak omega-3 yang membuat otot-otot mata selalu dalam kondisi yang baik.

5. Cokelat hitam

Cokelat hitam kaya akan ekstrak kakao yang baik untuk kornea. Namun, hindari konsumsi produk cokelat yang mengandung terlalu banyak gula atau pemanis.

6. Sayuran berdaun hijau

Sayuran hijau mengandung banyak nutrisi seperti kalsium, vitamin C, vitamin K, dan zat besi. Semua nutrisi tersebut sangat penting bagi kesehatan mata.

7. Bawang merah

Bawang merah mengandung belerang, jenis mineral yang membantu menghasilkan zat kimia yang disebut glutathione yang berfungsi melindungi lensa mata.

8. Bit merah

Seperti wortel, bit merah juga kaya karoten yang mencegah katarak. Bit juga kaya akan zat besi yang dapat meningkatkan kesehatan mata.

9. Anggur

Anggur kaya flavanoid yang membuat kornea tetap sehat. Mengonsumsi anggur dalam jumlah moderat dapat menyehatkan jantung serta penglihatan Anda.

10. Telur

Telur, terutama kuning telur, mengandung dua nutrisi penting untuk mata, yaitu belerang dan sistein. Keduanya mampu membuat lensa mata tetap jernih.