Kandungan Gizi dan 6 Manfaat Buah Belimbing


Buah belimbing manis, sering disebut sebagai star fruit, karena bentuknya yang jika dipotong menyerupai gambaran bintang. Belimbing manis memiliki nama latin Latin Averrhoa carambola yang berasal dari keluarga oxalidaceae. Buah yang berasal dari India ini, di Indonesia sering ditanam sebagai tanaman peneduh di halaman rumah. Malah, sekarang banyak dibudidayakan dalam pot dengan cara stek. Sehingga walaupun umurnya baru beberapa bulan sudah bisa berbuah.

Buah belimbing manis memiliki sifat sejuk, manis dan sedikit asam. Buah ini juga cocok sebagai pelepas dahaga karena mengandung banyak air dan sifatnya yang menyegarkan. Selain dikonsumsi sebagai buah meja, belimbing ternyata memiliki khasiat untuk kesehatan. Diantaranya sebagai peluruh air kencing, mengatasi kolesterol, hingga hipertensi.

Kandungan Nutrisi Buah Belimbing

Belimbing manis merupakan buah yang kaya vitamin A dan C yang bersifat antioksidan dan kalium. Yang patut diperhitungkan juga adalah seratnya, terutama serat pektin yang berguna bagi kesehatan pembuluh darah.

Kandungan Gizi dalam 100 g Buah Belimbing

Kalori 36 kal
Protein 0,4 g
Lemak 0,4 g
Karbohidrat 8,8 g
Serat 4 g
Kalsium 12 mg   
Fosfor 1,1 mg
Zat Besi 170 mg
Vitamin A 0,03 IU
Vitamin B1 35 mg
Vitamin C 90 mg
Air 86 g

Manfaat Buah Belimbing Manis

Berikut ini beberapa manfaat dari buah belimbing manis untuk kesehatan tujbuh manusia seperti dilansir IntisariOnline:

1. Mengatasi Hipertensi

Entah mengapa buah ini sering dianjurkan untuk diasup oleh para penderita hipertensi. Besar kemungkinan karena buah ini kaya kalium yang membuat pengasupnya sering buang air kecil (diuretik) sehingga tekanan darah pun terkendali. Selain itu, serat yang terkandung, terutama pektin, mampu menyerap lemak sehingga ikut membantu menurunkan tekanan darah.

2. Menurunkan Kadar Kolesterol

Berkat kandungan pektin yang merupakan serat kasar, kolesterol dan asam empedu akan diikat oleh serat ini agar tidak masuk ke dalam pembuluh darah. Alhasil, kadar kolesterol dalam tubuh pun turun.

3. Melancarkan Buang Air Kecil

Buah yang banyak airnya dan mengandung kalium ini berkhasiat memperlancar masalah buang air kecil, serta tidak memberi kesempatan terbentuknya batu ginjal sekaligus menyehatkan ginjal.

4. Menurunkan Berat Badan

Buah yang banyak mengandung air ini kadar kalorinya sangat rendah sehingga cocok diasup oleh mereka yang sedang berniat menurunkan berat badan (karena harus mengurangi asupan kalori). Serat yang terkandung pada belimbing pun berperan besar dalam melancarkan pencernaan sehingga tidak terjadi sembelit.

5. Mengatasi Gangguan Hati

Khasiat antiradang yang terdapat pada belimbing disebut-sebut baik untuk membantu gangguan liver.

6. Manfaat Lainnya

Belimbing juga dapat membantu menurunkan demam dan mengatasi radang tenggorokan. Semuanya berkat kandungan airnya yang banyak.