Liver Cleansing Untuk Menurunkan Berat Badan



1. Hati merupakan organ pembakar lemak utama didalam tubuh dan berfungsi mengatur metabolisme lemak melalui serangkaian reaksi biokimia yang rumit. Hati juga dapat memompa kelebihan lemak ke luar dari tubuh melalui empedu ke dalam usus halus. Jika diet anda tinggi akan serat, maka lemak yang tidak diinginkan ini akan dibawa keluar tubuh melalui gerakan usus. Ini berarti hati adalah suatu mesin yang luar biasa untuk menjaga berat badan, yaitu sebagai organ pembakar lemak dan pemompa kelebihan lemak.

2. Jika diet anda rendah akan serat, sebagian dari lemak (terutama kolesterol) dan racun yang telah dipompa oleh hati ke dalam saluran usus melalui empedu akan beredar kembali ke hati . Ini terjadi melalui sirkulasi entero-hepatic. Istilah sirkulasi entero-hepatic menggambarkan mengalirnya kembali cairan (yang sebagian besar terdiri dari asam empedu) dari saluran usus kembali ke hati. Sirkulasi entero-hepatic itu sangat besar, kira-kira 95% asam empedu dapat diserap kembali dari bagian usus halus paling bawah (ileum), kedalam vena portal (pembuluh darah portal) untuk dibawa kembali ke hati. Hati mengedarkan kembali asam empedu ini kedalam usus halus dan secara keseluruhan empedu mengalami sirkulasi ulang melalui sirkulasi entero-hepatic enam hingga delapan kali perhari. Jika sirkulasi ulang cairan ini mengandung tinggi lemak dan atau racun, ini akan akan berperan didalam kelebihan berat badan

Diet tinggi serat akan mengurangi sirkulasi ulang lemak dan racun dari saluran usus kembali ke hati. Ini adalah hal yang sangat penting bagi mereka yang mempunyai kelebihan berat badan, masalah toksisitas, dan tinggi kolesterol. Asupan banyak sayuran dan buah-buahan mentah akan meningkatkan serat larut dan tidak larut didalam saluran usus dan mengurangi sirkulasi ulang dari lemak yang tidak diinginkan dan racun. Beberapa orang menggunakan dedak beras atau gandum (rice or wheat bran), dan makanan buatan rumah (bukan olahan) lain dapat meningkatkan asupan serat secara efesien.

Jika saringan hati rusak oleh racun atau tersumbat (dihalangi) oleh material sampah yang berlebih, maka kemampuannya untuk membuang bola-bola lemak kecil (chylomicrons) yang beredar di dalam aliran darah menjadi berkurang. Ini akan menyebabkan timbunan kelebihan lemak di dinding pembuluh darah. Lemak ini kemudian secara perlahan-lahan menempel di bagian tubuh lain, bahkan organ lain, dan di penyimpanan lemak di bawah kulit. Hal ini dapat menimbulkan selulit pada pantat, paha, lengan dan dinding perut. Jika hati mengalami disfungsi, maka ia tidak akan membuat kolesterol baik (HDL) dalam jumlah yang memadai, yang akan keluar dari hati untuk melawan koleseterol jahat (LDL) dari dinding pembuluh darah.

3. Jika saringan hati sehat maka ia akan membiarkan kolesterol dari makanan dilangsir ke dalam hati untuk dimetabolisme atau dikeluarkan melalui empedu. Saringan hati yang sehat sangat penting untuk pengaturan tingkat kolesterol darah agar berlangsung sebagai mana mestinya. Fungsi hati yang lemah akan meningkatkan kesempatan anda mendapatkan penyakit kardiovaskuler seperti aterosklerosis, tekanan darah tinggi, serangan jantung dan stroke.

Jika hati tidak dapat mengatur metabolisme lemak secara efisien, pertambahan berat badan cenderung terjadi di sekitar perut dan terbentuklah perut gendut/buncit. Ini tentu tidak baik untuk ukuran lingkar pinggang. Tanda lain dapat dilihat dari adanya lipatan lemak disekitar perut bagian atas, yang sering disebut ”liver roll”. Ini seringkali merupakan tanda dari perlemakan hati. Hampir mustahil untuk menghilangkan lemak di perut sepanjang fungsi hati belum ditingkatkan. Ketika hati mulai bisa membakar lemak secara efesien lagi maka berat badan anda akan berangsur-angsur turun dengan tidak memerlukan terlalu banyak usaha lagi. Dengan mengkonsumsi makanan yang benar dan nutrisi yang dapat meningkatkan fungsi hati anda, maka berat badan anda dapat terkontrol.

4. Banyak orang-orang di usia pertengahan dengan kelebihan lemak di area perut atau “perlemakan hati“. Pada kondisi ini hati telah menghentikan pembakaran lemak dan telah berubah menjadi organ penyimpan lemak. Dia menjadi membesar dan membengkak dengan simpanan jaringan lemak. Mereka yang mempunyai perlemakan hati tidak akan mampu menurunkan berat badan kecuali jika mereka memulai dengan meningkatkan fungsi hati, antara lain dengan melakukan liver cleansing dan mendapatkan nutrisi yang baik untuk hatinya.

5. Jika hati anda terlalu dibebani dengan terapi sulih hormon yang salah, obat-obatan ataupun racun, maka jalur biokimia hati anda akan kehabisan cadangan energi untuk membantu memetabolisme lemak. Hal ini pun memicu kenaikan berat badan. Untuk wanita usia menopause dengan masalah berat badan, jenis terapi sulih hormon yang terbaik adalah yang dapat mem-bypass hati, anda bisa menggunakan hormon pengganti alami yang berbentuk krim.


Program Liver Cleansing akan meningkatkan fungsi hati dan membantu program penurunan berat badan anda