Nyamuk penyebar malaria terus beradaptasi melawan penangkal-penangkalnya


Nyamuk yang membawa malaria terus beradaptasi. Beberapa dari mereka mengembangkan resistansi. Lainnya mengubah perilaku mereka. Nyamuk dari genus Anopheles ini adalah vektor malaria yang dapat selalu menemukan cara untuk menggagalkan upaya manusia untuk melindungi diri dari penyakit ini.

Para peneliti dari IRD telah mengungkapkan kapasitas besar jenis nyamuk ini untuk beradaptasi, yang melemahkan strategi untuk memerangi kehadiran mereka yang telah direkomendasikan oleh WHO selama ini. Sebuah uji klinis yang dilakukan di beberapa desa tiga puluh atau lebih di Benin menunjukkan bahwa, pencegahan selama periode 18 bulan denagn menggunakan kelambu diresapi dengan deltametrin, dan insektisida yang kuat dalam bentuk cairan yang disemprot di dalam rumah tidak menyebabkan penurunan penyakit . Baik jumlah kasus maupun prevalensi infeksi di kalangan anak-anak muda berkurang dibandingkan dengan penggunaan kelambu saja. Di beberapa daerah, pengenalan jaring kelambu menyebabkan perubahan dalam kebiasaan makan nyamuk dari genus Anopheles ini, yang biasanya menggigit pada malam hari, mereka kini makan pada waktu fajar di luar rumah.

Efektivitas jangka panjang dari tindakan saat ini untuk mencegah dan memberantas penyakit ini marak dipertanyakan saat ini. Para ilmuwan akan sekali lagi perlu berinovasi jika kita ingin satu hari nanti menghilangkan penyakit ini untuk selamanya.

Dengan rekomendasi dari WHO, 290 juta kelambu diresapi dikirimkan dan didistribusikan di sub-Sahara Afrika antara 2008 dan 2010, sehingga memberikan sarana untuk melindungi 580 juta orang dari malaria. Pada saat yang sama 80 juta orang, atau 10% dari populasi yang terancam punah, juga memiliki dinding rumah mereka disemprot dengan insektisida. Namun demikian, dengan 200 juta orang masih terjangkit setiap tahun dan lebih dari 700.000 kematian di seluruh dunia, dimana 80% di Afrika, penyakit ini tetap menjadi ancaman besar bagi kesehatan masyarakat. Hambatan utama untuk mengurangi penyakit ini kemampuan besar nyamuk yang membawa penyakit ini untuk beradaptasi dengan pyrethrinoids, insektisida yang resmi dianjurkan selama ini oleh WHO. Seperti diungkapkan oleh studi terbaru yang dilakukan oleh peneliti dari IRD dan mitra-mitranya di Benin, perlawanan dari spesies vektor utama, Anopheles gambiae, dan hal ini secara signifikan meningkat dan melemahkan strategi Program Nasional negara untuk Memerangi Malaria. Vektor utama lainnya di Benin, Anopheles funestus, menggunakan taktik lain yaitu menghindari semua kontak dengan insektisida dengan memodifikasi kebiasaan makannya.

Dalam rangka untuk membuktikan keefektifan pendekatan 2 in 1 (kelambu dan insektisida) ini, tim peneliti melakukan uji klinis di hampir 30 desa di Benin. Setelah menempatkan kelambu diresapi dengan pyrethrinoids dan karbamat penyemprotan di dalam rumah, para ilmuwan memantau transmisi dan jumlah kasus malaria pada anak di bawah enam tahun – yang mewakili 85% dari korban secara total. Mereka mengamati bahwa setelah 18 bulan kombinasi upaya perlindungan tidak menyebabkan penurunan penyakit, baik pada tingkat, klinis parasitologi atau enthomological. Baik jumlah kasus maupun prevalensi infeksi melalui Plasmodium falciparum (parasit yang bertanggung jawab untuk infeksi) berkurang pada anak-anak. Selain itu, jumlah nyamuk pembawa mutasi dikenal sebagai KDR, yang bertanggungjawab pada munculnya resitensi telah jauh meningkat, dari 20% menjadi lebih dari 75% dalam 18 bulan. Strategi gabungan dengan demikian tidak memungkinkan untuk memperlambat munculnya mutasi di Anopheles gambiae. Kegagalan ini sebagian dapat dijelaskan oleh periode singkat efektivitas setelah penyemprotan dinding rumah tempat tinggal warga yang diakibatykan oleh substrat berpori yang menyerap insektisida.

Anehnya, Anopheles funestus tidak melakukan perlawanan terhadap pyrethrinoids dalam cara yang sama seperti sepupunya yang tangguh. Mereka melawannya dengan cara merubah perilaku dan jam makan mereka. Studi kedua menunjukkan bahwa funestus yang mulanya menyerang di dalam rumah pada saat malam, kini menggigit lebih sering di luar tempat tinggal. Hanya satu tahun setelah penyebaran besar kelambu diresapi di desa-desa yang diteliti, peneliti mengamati bahwa proporsi nyamuk didefinisikan sebagai “exophagous” telah meningkat dari 45% menjadi hampir 70%. Selanjutnya, bukannya menggigit korbannya selama tidur mereka di tengah malam, sekarang menunggu sampai dini hari ketika orang meninggalkan rumah mereka untuk pergi bekerja. Akibatnya, teori vektor eksklusif nokturnal malaria sekarang perlu direvisi, terutama ketika nyamuk yang terkena tekanan berat dari insektisida.

Penyebaran strategi antivector telah menyebabkan pengurangan besar dalam morbiditas dan mortalitas malaria di Afrika. Namun, dua penelitian terbaru mempertanyakan efektivitas jangka panjang mereka. Kebetulan, meningkatnya kasus baru-baru ini telah dilaporkan di negara lain.

Studi ini menggarisbawahi kebutuhan untuk mengembangkan generasi kedua instrumen yang akan memungkinkan untuk mencegah penularan malaria di luar rumah.

Obat Malaria Alami

1. Obat Anti Parasit yang terdiri dari Wormwood, Black Walnut Hull, dan Clove merupakan kombinasi herbal yang ampuh untuk membunuh parasit, baik telur  maupun parasit yang sudah dewasa.

Penderita yang terjangkit Malaria akan mendapat manfaat yang lebih, bila mengonsumsi 3 herbal ini, karena bukan saja membunuh parasit tapi juga memperkuat sistem pencernaan dan hati.

2. Hydroxygen Plus adalah formula alami untuk menekan pertumbuhan parasit , meningkatkan daya tahan tubuh dan status kesehatan penderita.

Untuk order Produk bisa menghubungi : 021.26.249.248- 0813.8610.8089