Ibu hamil sebaiknya perbanyak konsumsi vitamin D


Sebuah kasus mengenai meninggalnya bayi berusia tiga bulan akibat radang pada jantung yang disebabkan oleh ketidaknormalan arteri di daerah London, Inggris, membuat para ahli menyimpulkan bahwa ibu hamil dan menyusui sebaiknya memperbanyak konsumsi vitamin D mereka. Seseorang yang kekurangan vitamin D memang akan meningkatkan bahaya infeksi pada tubuh.

Sebagaimana berita ini dilansir dari India Times (31/03/2012), ibu hamil memang umumnya tidak memenuhi konsumsi vitamin D mereka. Kesadaran publik mengenai dampak bagi janin apabila ibu tidak mendapatkan nutrisi yang cukup juga masih rendah.

Salah satu sumber vitamin D memang berasal dari sinar matahari pagi. Namun ada juga sumber makanan yang mengandung vitamin D dan bisa dijadikan pilihan sebagai asupan nutrisi bagi ibu hamil, seperti ikan yang berminyak, telur, hati, margarin, sereal, dan susu bubuk.

Meskipun demikian, ibu hamil juga sebaiknya tidak berlebihan dalam mengonsumsi hati dan olahan produk hati lainnya, telur mentah atau setengah matang, dan beberapa jenis ikan, khususnya tuna.