5 Minuman Untuk Berbuka Puasa yang Bikin Gemuk


Hadits Nabi Muhammad mengatakan, berbuka puasalah dengan buah kurma. Buah manis ini mengandung karbohidrat kompleks yang membuat tubuh tidak cepat lapar. Tapi, yang kita lakukan sekarang biasanya meneguk secangkir teh manis hangat. Lalu, kita menghabiskan semangkuk tajil kolak pisang. Setelah makan nasi dan lauk pauk, berbuka ditutup dengan es campur dengan banyak sirop dan buah kaleng.

Berbeda dengan kurma, minuman manis seperti ini kaya karbohidrat sederhana yang meningkatkan kadar gula darah sehingga kita segera kembali lapar. Bahkan kalau dihitung-hitung, seporsi kalori minuman manis bisa setara dengan seporsi makanan!

Maka tak heran jika selama Ramadan bobot badan kita malah melambung. Berikut panduan kalori dan gizi 5 minuman berbuka yang dikutip dari femina.

1. Es Cendol

Satu porsi setara 2 piring nasi + 1 lembar roti.
Mengandung: Kalori 500 kkal, Protein 3 g, Lemak 20 g, Karbohidrat 78 g, Serat 4 g
Minuman ini kaya akan gula, baik dari gula aren, susu kental manis, maupun gula pasir. Selain itu, es cendol juga kaya akan lemak yang berasal dari kuah santannya yang kental. Kalau dihitung-hitung, minum 2 gelas es cendol sudah menghabiskan jatah asupan kalori Anda untuk sehari. Nah!

2. Es Puter

Satu porsi setara 2 mangkok bubur ayam.
Mengandung: Energi 430 kkal, Protein 2 g, Lemak 27 g, Karbohidrat 44 g, Serat 2 g, Kolesterol 84 mg
Es puter sering disajikan sebagai desert. Awalnya, hanya satu scope. Tapi karena yummy, Anda ambil scope kedua, ketiga, dan selanjutnya. Hati-hati, meski kelihatannya cuma porsi kecil, kalori es puter cukup besar! Asalnya dari santan, bubuk cokelat, dan gula pasir. Sedangkan kolesterol ada pada telur sebagai salah satu bahan pembuat es puter.  

3. Koktail buah

Satu porsi setara 1 wafer lapis cokelat.
Mengandung: Kalori 120 kkal, Karbohidrat 30 g, Serat 1 g
Karena yang terlihat duluan adalah buah, lantas Anda mengonsumsinya banyak-banyak. Sekalian makan buah, begitu pikir Anda. Namun, coba rasakan isi kuahnya. Manisnya koktail buah seringkali berasal dari air gula atau pun sirop rasa buah-buahan. Jadi, kalau ingin mengambil manfaat sehat dari buah, lebih baik pilih buah potong segar saja.  

4. Es sirop aneka rasa

Satu porsi setara 7 keping biskuit susu.
Mengandung: Kalori 100 - 150 kkal, Karbohidrat 28 – 42 g
Sambil ngobrol santai menunggu waktu taraweh, tanpa sadar Anda meminum es sirop sampai beberapa gelas. Kalau segelas saja sama dengan mengonsumsi 7 keping biskuit susu. Nah, jika segelasnya saja sudah 150 kkal, hitung saja berapa asupan kalori yang masuk ke tubuh kalau sampai bergelas-gelas.

5. Es campur

Satu porsi setara 1 porsi pempek kapal selam.
Mengandung: Kalori 200 kkal, Protein 3 g, Lemak 20 g, Karbohidrat 78 g, Serat 4 g
Es campur selalu disukai, karena isinya yang variatif, rasanya yang manis, gurih dan segar. Namun, coba aduk kuahnya. Ada santan kental, gula aren, susu kental manis. Semuanya tinggi kalori. Apalagi kalau ditambah roti, si sumber  karbohidrat, zat yang sebetulnya sudah cukup Anda dapatkan dari nasi