Demam dan Cara Mengobatinya

Demam mengacu pada ketinggian suhu tubuh. Secara teknis, setiap suhu tubuh di atas pengukuran oral normal 37°C atau suhu rektal normal 37,2°C dianggap tinggi. Namun ini adalah rata-rata, dan suhu tubuh normal seseorang sebenarnya bisa 0,6°C atau lebih di atas atau di bawah rata-rata suhu tubuh.

Demam biasanya merupakan tanda ada sesuatu yang luar biasa sedang terjadi dalam tubuh. Untuk orang dewasa, demam mungkin tidak nyaman, tetapi demam biasanya tidak berbahaya kecuali jika mencapai 39,4°C atau lebih tinggi. Untuk anak dan bayi, suhu sedikit lebih tinggi mungkin menunjukkan infeksi serius.

Tetapi ketinggian suhu tubuh tidak selalu menunjukkan keseriusan kondisi yang mendasarinya. Suatu penyakit ringan dapat menyebabkan demam tinggi, dan penyakit yang lebih serius dapat menyebabkan demam rendah.

Demam berfungsi sebagai salah satu pertahanan alami tubuh terhadap bakteri dan virus yang tidak bisa hidup pada suhu yang lebih tinggi. Jadi demam rendah biasanya tidak harus diobati, kecuali disertai dengan gejala yang mengganggu.

Tergantung pada apa yang menyebabkan demam, tanda-tanda demam antara lain berkeringat, menggigil, sakit kepala, nyeri otot, kehilangan nafsu makan, dehidrasi, atau lemah. Demam tinggi antara 39,4 – 41,1°C dapat menyebabkan halusinasi, kebingungan, lekas marah, atau kejang.

Demam dapat disebabkan oleh virus, infeksi bakteri, kelelahan, terbakar sinar matahari, beberapa kondisi inflamasi seperti rheumatoid arthritis, radang selaput sendi (sinovium), tumor ganas. Demam juga bisa timbul karena reaksi beberapa obat, seperti antibiotika dan obat-obatan yang digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi atau kejang, beberapa imunisasi, seperti pertusis difteri, tetanus dan aselular (DTaP) atau vaksin pneumokokus.

Kadang-kadang tidak mungkin untuk mengidentifikasi penyebab demam. Jika Anda memiliki suhu 38,3°C atau lebih tinggi selama lebih dari tiga minggu dan dokter tidak dapat menemukan penyebabnya setelah evaluasi, diagnosisnya mungkin adalah demam yang tidak diketahui.

Demam tinggi pada anak bisa menyebabkan anak kejang atau sering disebut step yang ditandai dengan kehilangan kesadaran dan anggota badan gemetar di kedua sisi tubuh. Meskipun mengkhawatirkan bagi orangtua, sebagian besar kejang demam tidak menyebabkan efek permanen. Jika kejang terjadi:

● Baringkan anak pada posisi miring atau perut di lantai
● Singkirkan benda tajam yang berada dekat anak
● Longgarkan pakaian yang ketat
● Pegang anak untuk mencegah cedera
● Jangan meletakkan apapun di mulut anak atau mencoba untuk menghentikan kejang
● Sebagian besar kejang berhenti sendiri. Bawa anak ke dokter sesegera mungkin setelah kejang untuk menentukan penyebab demam.
● Minta bantuan darurat medis jika kejang berlangsung lebih lama dari 10 menit.

Apa Yang Bisa Anda Lakukan Untuk Mengobati Demam?
● Minum banyak cairan. Demam dapat menyebabkan hilangnya cairan dan dehidrasi. Untuk anak di bawah usia 1 tahun, gunakan cairan rehidrasi oral seperti Pedialyte. Solusi ini mengandung air dan garam manis untuk menggantikan cairan dan elektrolit.

● Istirahat diperlukan untuk pemulihan. Aktivitas dapat meningkatkan suhu tubuh.

● Jaga suhu ruangan tetap sejuk dan tidur dengan hanya selimut tipis atau tidak berselimut.

● Khusus untuk suhu tinggi, hangatkan tubuh dengan berendam atau mandi spons selama 5-10 menit. Jika mandi menyebabkan menggigil, berhentilah mandi dan keringkan badan.

● Minum obat untuk menurunkan demam. Tetapi tidak perlu minum obat demam jika suhu tubuh di bawah 38,9°C, kecuali disarankan dokter. Kadang-kadang demam rendah membantu tubuh memerangi virus.

● Bila suhu tinggi anak tidak juga turun, jangan terus memberinya obat turun panas, segera hubungi dokter.

Kapan Saatnya Membutuhkan Bantuan Medis?
Untuk bayi:
● Jika mengalami demam 38,3°C atau lebih tinggi.
● Mengalami demam dan berusia kurang dari 3 bulan.
● Menolak untuk makan atau minum.
● Mengalami demam dan lekas marah yang tidak dapat dijelaskan, seperti menangis setiap kali diganti popoknya atau saat dipindahkan.
● Mengalami demam dan tampak lesu dan tidak responsif.

Untuk anak-anak:
● Lesu atau mudah marah, muntah berulang kali, sakit kepala berat atau sakit perut, atau memiliki gejala lain yang menyebabkan ketidaknyamanan yang signifikan.
● Mengalami demam yang bertahan lebih lama dari sehari (pada anak-anak kurang dari 2 tahun) atau lebih dari tiga hari (pada anak berusia 2 tahun atau lebih).

Untuk dewasa:
● Suhu lebih dari 39.4°C.
● Demam lebih dari tiga hari.
● Sakit kepala parah.
● Tenggorokan bengkak.
● Ruam kulit yang tidak biasa, terutama jika ruam cepat memburuk.
● Kepekaan terhadap cahaya terang yang tidak biasa.
● Leher kaku dan sakit ketika menganggukkan kepala.
● Merasa kebingungan.
● Muntah terus menerus.
● Kesulitan bernapas atau nyeri dada.
● Kelesuan yang parah atau lekas marah nyeri abdomen atau nyeri saat buang air kecil.

Produk untuk membantu mengatasi demam , klikdisini