Kenali 5 hal sederhana yang ternyata bisa bikin kulit kering ini



Kulitmu kering meskipun sudah mencoba berbagai produk pelembap? Mulai dari lotion sampai body butter, berbagai jenis moisturizer hingga krim wajah tak ada yang bisa mengatasi kulit keringmu.

Barangkali masalahnya bukan terletak pada kualitas produk perawatan kulit yang kamu pakai. Beberapa benda sepele yang jadi bagian dari aktivitas sehari-hari kamu ternyata bisa memicu kulit kering, lho. Mau tahu apa saja? Coba simak 5 hal sederhana yang ternyata bisa sebabkan kulit kering dari situs Everyday Health.

1.Sabun

Tahukah kamu sabun yang biasa kamu gunakan untuk membersihkan kulit dan wajah dari kotoran dan keringat itu ternyata bisa membuat kulit kering? Sabun mengandung detergen, bahan yang menjadikannya kaya busa. Biasanya kamu suka sabun yang bisa menghasilkan banyak busa, kan? Busa yang berlebihan ini ternyata justru bisa membuat kulit kering, lho.

Agar kulit tidak kehilangan kelembapan alami setiap kali mandi atau mencuci muka, pilih sabun pembersih yang mengandung formula ringan. Ciri yang paling mudah diamati adalah biasanya sabun seperti ini membuat kulitmu terasa sedikit licin, tidak kesat seperti kebanyakan sabun.

2. Pendingin ruangan

Air Conditioner atau pendingin ruangan juga bisa membuat kulitmu lebih cepat kehilangan kelembapan. Biasanya problem kulit kering ini sering dialami oleh orang-orang yang beraktivitas dalam ruangan berpendingin setiap hari.

Kalau setiap hari kulitmu bersentuhan dengan AC, sebaiknya siapkan lotion atau body lotion di dekatmu. Oleskan setiap beberapa jam sekali atau setiap kali kulitmu sudah mulai terasa kering.

3.Parfum

Parfum, cologne, atau body mist yang biasa kamu semprotkan ke tubuh bisa menjadi penyebab utama kulit kering. Wewangian seperti ini biasanya mengandung sejumlah besar alkohol. Alkohol inilah yang menjadikan kulitmu kering.

Untuk mencegah kulit kering, sebaiknya pakai parfum secukupnya saja. Lebih baik lagi kalau kamu bisa menemukan produk parfum yang rendah alkohol.

4.Air Mandi

Air yang kamu pakai untuk mandi setiap hari bisa saja menjadi penyebab kulit keringmu. Tak seperti air sumur, biasanya air PAM ditambahkan kaporit dan zat lain untuk membersihkan air dari kuman dan bakteri. Tetapi air yang mengandung bahan-bahan berat ini juga bisa berakibat buruk pada kulitmu.


5. Obat jerawat

Produk-produk perawatan kulit anti-acne yang sedang kamu gunakan untuk mengatasi jerawatmu ikut menyumbang hilangnya kelembapan dari kulitmu. Mau tahu kenapa? Obat-obatan jerawat yang diaplikasikan secara topikal (dioleskan ke kulit langsung) biasanya dilengkapi dengan bahan anti-inflamasi yang berperan untuk mengeringkan pembengkakan pada jerawat. Tetapi akibatnya bukan hanya jerawatmu saja yang mengering, kulit pun jadi ikut kehilangan kelembapan alami.

Tetapi jangan khawatir. Efek ini hanya berlangsung sementara, kok. Begitu kamu menghentikan pemakaian produk, kulit akan kembali seperti semula.

Itulah 5 hal sederhana yang ternyata bisa memicu kulit kering.