Likopen untuk Kesehatan Tubuh dan Kulit

Likopen merupakan zat yang memberikan warna merah pada tomat dan sayuran lainnya. Saat ini, likopen banyak digunakan berbagai pabrik untuk membuat kosmetik. Likopen digunakan sebagai kosmetik karena kandungannya yang dapat membuat kulit menjadi lebih kencang dan berkhasiat untuk menghilangkan jerawat. Selain baik dalam kulit wajah, penggunaan likopen dalam dosis berlebih tidak menimbulkan efek samping yang membahayakan.

Likopen adalah anggota dari keluarga karotenoid phytochemical dan merupakan pigmen alami yang bertanggung jawab untuk warna merah tua beberapa buah-buahan, terutama tomat.

Beberapa manfaat likopen terhadap tubuh :

Antioksidan, Likopen dipercaya mengandung antioksidan dan antiproliferative. Antioksidan bermanfaat untuk melawan radikal bebas. Lycopene juga mengurangi oksidasi LDL (low-density lipoprotein) dan mengurangi tingkat kolesterol dalam darah.

Mencegah penyakit jantung, likopen menghambat kerusakan radikal bebas kolesterol LDL. Sebelum kolesterol bisa disimpan dalam plak yang arteri mengeras dan sempit, harus teroksidasi oleh radikal bebas. Dengan aktivitas antioksidan yang kuat, likopen dapat mencegah kolesterol LDL dari yang teroksidasi.

Anti Kanker, Likopen dapat digunakan sebagai anti-karsinogen, yang dapat mengurangi resiko beberapa kanker. Dalam penelitian 6 tahun dari 47000 laki-laki sehat ditemukan bahwa mengonsumsi produk tomat lebih dari 2 kali seminggu dapat mengurangi resiko kanker prostat sebesar 21-34%. Pria yang makan lebih dari 10 tomat dalam seminggu memiliki penurunan resiko kanker prostat sebesar 45%; yang mengonsumsi 4-7 tomat dalam seminggu memiliki 20%. Penelitian pada wanita, wanita yang mengonsumsi likopen memiliki penurunan resiko kanker leher rahim sebesar 20%. Likopen telah terbukti dapat menekan pertumbuhan tumor pada in vitro (tabung reaksi) dan in vivo (hewan) eksperimen. Salah satu cara yang likopen dapat membatasi pertumbuhan tumor adalah dengan merangsang sel untuk komunikasi sel. Para peneliti sekarang percaya bahwa komunikasi yang buruk antara sel-sel merupakan salah satu penyebab pertumbuhan abnormal sel-sel, suatu kondisi yang akhirnya mengarah pada perkembangan tumor kanker.

Beberapa Manfaat Likopen untuk Kulit :

-Kesehatan Kulit, melawan penuaan kulit yang diakibatkan oleh sinar UV, karena karotein dari lycopene merupakan penghancur singlet oxygen yang dihasilkan selama pemaparan terhadap sinar UV, dan singlet oxygen adalah penyebab utama penuaan kulit.

- Membuat terlihat awet muda. Likopen memperkuat kulit dengan meningkatkan kemampuan produksi kolagen dan mengurangi kerusakan DNA yang mengakibatkan keriput.

- Mengencangkan kulit, likopen memperbaiki junction antar sel dan metabolisme sel. Konektivitas dan metabolisme sel kulit yang baik dapat meningkatkan tekstur kulit.

- Melawan jerawat, mengurangi aktivitas hormon androgen dan IGF-1, 2 faktor utama penyebab jerawat. Seperti yang dilakukan oleh peneliti, terbukti bahwa pengonsumsian tomat sebagai salah satu buah yang mengandung likopen.

- Mencerahkan kulit, karena dapat memblok sinar matahari yang menyebabkan penggelapan pada kulit. Saat ini sudah mulai banyak produk perawatan kulit yang menggunakan likopen.

***************
Cantik itu Bellapure
Bellapure, Nutrisi Anti-Aging Sempurna
10 in 1 Ingredients
Order : 0813.8610.8089
***************