12 Fakta Seru tentang Sperma




 Bagi pria, mengetahui seluk beluk tentang sperma itu penting. Penting untuk mengetahui kesehatan sperma dan juga terkait kemampuan pria bereproduksi.

Tapi yakin sudah tahu banyak tentang cairan yang dihasilkan saat ejakulasi ini? Dr Craig Niederberger profesor urologi dari University of Illinois at Chicago bersedia memberitahu fakta menarik tentang sperma yang mungkin belum Anda ketahui seperti dilansir dari NBC News, Jumat (25/7/2014). Ini daftarnya.

1. Abnormal sperma itu normal
Tahukah Anda bahwa sekitar 90% sperma yang dikeluarkan usai ejakulasi cacat? Terdiri dari dua kepala, dua ekor, kepala yang besar. Namun hal tersebut normal menurut Dr Niederberger.

2. Setengah sendok teh
Itu adalah seberapa banyak sperma yang dikeluarkan usai ejakulasi. Bisa jadi jumlahnya lebih banyak, namun ukuran ini sudah mampu melakukan tugasnya.

3. Sperma memakai "Topi"
Memang bukan topi seperti yang kita pakai, namun di kepala sperma terdapat akrosom yang bentuknya oval seperti topi. Akrosom ini berfungsi untuk membawa bahan kimia masuk ke dalam sel telur untuk melepaskan kargo genetik.   

4. Satu testikel cukup
Jika pria kehilangan satu testikelnya, pria masih mampu menghasilkan sperma untuk membuat bayi. Lihat saja pebalap sepeda Lance Armstrong yang kehilangan satu testikel karena kanker bisa mempunyai lima anak.

5. 200 juta
Hanya butuh satu sperma untuk membuahi sel telur. Padahal sperma yang keluar sekitar 200 juta jumlahnya.

6. Produksi terus menerus
Bagi perempuan sel telur akan berhenti memproduksi hingga menopause. Berbeda dengan pria, mereka memproduksi sperma dari pubertas hingga meninggal.

7. Ukurannya kecil
Pernah melihat sel sperma? Untuk melihatnya Anda butuh mikroskop karena sel sperma sangat kecil sehingga tak bisa dilihat dengan mata telanjang. Panjang satu sel sperma dari kepala hingga ekor sekitar 0,002 inchi atau sekitar 50 mikrometer. Dalam satu ejakulasi jika sperma diatur berbaris panjangnya  bisa mencapai enam kilometer. Wow!

8. Sperma mati bisa membuahi

Sperma harus bisa berenang untuk dapat membuahi sel telur. Namun untuk bayi tabung tidak begitu. Yang terpenting adalah adanya DNA dalam sperma.

9. Sebagian sperma berputar-putar
Sperma pasti memiliki ekor yang digunakan untuk berenang. Namun untuk dapat berenang di garis lurus sangat sulit dilakukan sperma. Biasanya hanya berputar-putar di sekitar air mani.

10. Hidup 2 hari
Sperma bisa hidup dalam tubuh perempuan sekitar dua hari.

11. Testikel suhunya lebih dingin
Testikel suhunya lebih dingin 13 derajat Celcius dibandingkan suhu tubuh. Suhu dingin diperlukan untuk memproduksi sperma yang sehat.

12. 2 Bulan
Inilah waktu yang diperlukan untuk membuat sperma.