9 Fakta menarik tentang sperma yang jarang diketahui



Sperma tentu tak asing bagi pria dewasa baik yang belum menikah, sudah menikah, atau memiliki anak. Selama ini diketahui bahwa kesehatan sperma didasarkan pada bentuk dan keaktifannya. Namun itu hanya satu dari banyak fakta sperma yang menarik dan layak diketahui.

Berikut ini adalah beberapa fakta yang tak kalah menarik mengenai sperma yang jarang diketahui oleh banyak orang, terutama pria. Penasaran? Ini dia rinciannya, seperti dilansir oleh Health Me Up (15/01/2014).

1. Kalori
Jangan kira bahwa sperma hanyalah zat yang berfungsi untuk membuahi sel telur dan melakukan reproduksi. Anda juga harus mengetahui bahwa sperma mengandung lemak, kalori, dan bahkan kolesterol Satu sendok makan sperma mengandung 20 kalori.

2. Nilai nutrisi
Cairan sperma dan semen juga sangat bernutrisi. Cairan tersebut kaya akan protein dan karbohidrat. Namun juga mengandung zat seng, lemak, dan kalsium yang bisa menangkal pengeroposan gigi. Sperma juga sumber protein yang sangat baik.

3. Kanker payudara
Jarang melakukan hubungan seksual adalah salah satu penyebab munculnya kanker prostat. Namun tahukah Anda bahwa mengonsumsi cairan sperma dan semen bisa mencegah kanker payudara? Efeknya bahkan sama ketika Anda mendapatkannya lewat hubungan seksual dan tidak memakannya melalui seks oral.

4. Jumlah sperma
Satu kali ejakulasi mengandung hanya lima persen dari sperma yang ada dalam tubuh. Namun faktanya masih banyak pasangan yang sulit hamil. Hal ini kemungkinan bukan karena jumlah sperma yang kurang tetap kualitas sperma yang tak cukup untuk pembuahan.

5. Usia sperma
Dibutuhkan waktu dua bulan untuk memproduksi sperma. Produksi sperma adalah hal yang rutin terjadi pada tubuh pria, namun proses penuhnya akan memakan waktu dua bulan. Selain itu, sperma bisa hidup di dalam tubuh wanita setelah masuk lewat hubungan seksual selama dua sampai lima hari, bergantung pada siklus menstruasi wanita tersebut.

6. Ejakulasi
Tanpa bermaksud untuk mengecilkan kejantanan pria, namun sebenarnya pria hanya mengeluarkan setengah sendok teh cairan semen dan sperma ketika melakukan ejakulasi. Selain itu, jika pria tak melakukan ejakulasi saat berhubungan seks, sperma akan diserap kembali oleh tubuh sehingga tidak terbuang sia-sia.

7. Sperma yang sehat
Untuk memiliki sperma yang sehat, sangat penting untuk menjaga temperatur testis Anda. Temperatur testis harus tujuh derajat lebih rendah dibandingkan dengan temperatur tubuh. Jadi, hindari memakai celana yang terlalu ketat, sering menyilangkan kaki, atau menggunakan alat di sekitar testis yang bisa membuat temperaturnya meningkat.

8. Gerakan sperma
Dalam sekali ejakulasi,setidaknya ada 200 juta sperma yang keluar. Meski sperma memiliki zat kimia yang bisa mengarahkan mereka untuk mendekati sel telur, namun seringkali sperma tak 'patuh' pada zat kimia tersebut. Banyak sperma yang hanya berputar-putar dan tak segera maju untuk mencari sel telur.

9. Bentuk sperma
Selama ini secara umum sperma diketahui memiliki kepala berbentuk oval dan ekor yang panjang. Namun sebenarnya masing-masing sperma berbeda. Ada sperma yang memiliki dua kepala, kepala besar, kepala kecil, beberapa ekor, ekor yang bengkok.

Itulah beberapa fakta menarik tentang sperma yang jarang sekali diketahui. Dengan mengetahui fakta di atas Anda akan lebih memahami dengan baik mengenai sperma dan kesehatan seksual Anda sendiri.


*************
 Dapatkan Paket Epimas Duo
Herbal alami Anti Disfungsi Ereksi
*************