Awas, stres bisa merusak kualitas sperma!



 Stres tak hanya bisa mempengaruhi kesehatan mental seseorang, tetapi juga kesehatan reproduksinya. Sebuah penelitian mengungkap bahwa stres bisa merusak kualitas sperma dan cairan semen. Berdasarkan penelitian, stres bisa mempengaruhi konsentrasi, bentuk, dan kemampuan sperma untuk membuahi sel telur.

Hasil ini didapatkan peneliti dari Columbia University's Mailman School of Public health and Rutgers School of Public Health. masalah kesuburan bisa mempengaruhi pria dan wanita, sementara kualitas cairan semen dan sperma merupakan indikator kunci kesuburan pria.

"Pria yang merasa stres berkemungkinan memiliki konsentrasi sperma yang lebih sedikit dan sperma yang diproduksi pun memiliki kualitas yang buruk," ungkap peneliti senior Pam Factor-Litvak, seperti dilansir oleh Science Daily (29/05/2014).

Peneliti melakukan pengamatan terhadap 193 pria berusia 38 sampai 49 tahun selama tahun 2005 hingga 2008. Mereka diminta untuk memberikan sampel cairan semen dan diawasi perihal stres yang mereka alami. Selanjutnya peneliti menilai kualitas cairan semen dan kualitas sperma dari para partisipan.

Uniknya, peneliti menemukan fakta bahwa stres akibat pekerjaan adalah salah satu faktor yang bisa menurunkan kualitas sperma. Meski begitu, pria pengangguran ternyata memiliki kualitas sperma yang lebih buruk dibandingkan dengan pria yang memiliki penghasilan namun sering merasa stres akibat pekerjaan.

Meski peneliti berhasil menemukan kaitan antara stres dengan menurunnya kualitas sperma, namun peneliti belum mengetahui apa yang membuat stres bisa mempengaruhi kesuburan pria. Kemungkinan besar karena stres memicu pelepasan hormon steroid bernama glucocorticoids yang kemudian mempengaruhi tingkat testosteron dan produksi sperma.

Selama ini stres telah dikaitkan dengan banyak masalah pada kesehatan fisik. Kali ini peneliti menemukan bahwa stres juga berpengaruh terhadap kesuburan pria. Jika ingin kesehatan reproduksi Anda tetap sehat, ada baiknya pria mulai mengatasi stres yang mereka alami sehari-hari.

 *************
Dapatkan Paket Epimas Duo
Herbal alami Anti Disfungsi Ereksi
Meningkatkan Libido, Menyehatkan Sperma
Menambah Kekuatan & Tahan Lama
*************