Buah dan sayur tinggi pestisida kurangi jumlah sperma pria



Sebuah studi besar yang dilakukan di Amerika Serikat menemukan bahwa tingginya tingkat residu pestisida dalam buah dan sayuran dapat menurunkan kualitas sperma pria hingga setengah.

Tim peneliti dari Amerika menganalisis 338 sampel sperma dari 155 pria yang menghadiri pusat kesuburan antara tahun 2007 sampai 2012.

Para relawan yang terlibat dalam penelitian ini berusia antara 18 sampai 55 tahun, dan tidak memiliki vasektomi. Sebagaimana dikutip dari Science Daily, para peneliti meminta relawan untuk mengisi kuesioner tentang pola makan mereka dan seberapa sering mereka mengonsumsi sayur dan buah.

Setelah itu, peneliti juga melakukan peninjauan data dari Departemen Pertanian Amerika tentang kadar residu pestisida pada buah dan sayuran. Mereka kemudian membaginya dalam tiga kategori: rendah, sedang dan tinggi.

Setelah membandingkan beberapa data yang telah didapat, para peneliti menemukan bahwa pria yang mengonsumsi buah dan sayuran dengan kadar residu pestisida tinggi memiliki jumlah sperma total 86 juta per ejakulasi.

Hasil tersebut 49 persen lebih rendah dibandingkan pria yang makan lebih sedikit buah dan sayuran yang terpapar pestisida. Sebab mereka umumnya memiliki jumlah sperma 171 juta per ejakulasi.

Para peneliti mengatakan bahwa studi lebih lanjut sangat diperlukan. Namun, mereka mendesak para pria untuk tidak berhenti makan buah dan sayuran karena temuan ini.


 *************
 Dapatkan Paket Epimas Duo
Herbal alami Anti Disfungsi Ereksi
www.epimas.com
*************