Hati-hati! Smartphone Bisa Rusak Kualitas Sperma



Bagi Anda para pria, mungkin sudah waktunya mencari tempat lain untuk menyimpan smartphone selain di saku celana. Kenapa? Sebuah hasil penelitian terbaru menemukan fakta bahwa paparan radiasi elelktromagnetik bertenaga rendah (EMR) yang berasal dari ponsel dapat merusak kualitas sperma pria.

Fiona Mathews, seorang peneliti asal University of Exeter, Inggris bersama sejumlah rekannya melakukan studi terkait peran ponsel terhadap kemandulan seorang pria.

Mereka menyimpulkan, dari total 1.492 sampel sperma yang digunakan, terbukti bahwa paparan radiasi elelktromagnetik bertenaga rendah dari ponsel mampu menurunkan penetrasi sperma hingga 8%, dan ketahanan hidup sperma sebesar 9%.

Menurut yang dilansir laman Time, Sabtu (14/6/2014), simpulan penelitian yang dilakukan Mathews senada dengan apa yang telah diungkapkan oleh beberapa studi yang telah lebih dulu dilakukan.

Sebelumnya hasil penelitian telah menunjukkan potensi berbahaya medan magnet terhadap kualitas sperma seorang pria. Tak hanya menyebabkan kemandulan, paparan radiasi medan magnet juga mampu merusak kestabilan DNA.

Selain tiu, menaruh ponsel di dalam saku celana juga berbahaya karena suhu pada kulit dapat meningkat sebesar 2,3 derajat celcius. Peningkatan suhu pada kulit di area kemaluan pria itu dinilai berpotensi mengganggu produksi sperma.