Ini aturan makanan saat sahur, agar sehat bugar tahan lapar



Rasa lapar saat puasa bisa membuat seseorang kehilangan fokusnya ketika beraktivitas. Oleh karena itu ahli menyarankan sahur sebaiknya diisi dengan makanan yang lebih lama membuat kenyang.

Pada dasarnya ketika sahur makanan yang disarankan untuk dikonsumsi tak jauh beda dengan hari biasa. Hanya saja sedikit variasi bisa ditambahkan pada pola makan sahur dengan memasukkan lebih banyak makanan tinggi protein. Hal ini dilakukan karena makanan tinggi protein akan lama dicerna tubuh sehingga menunda lapar.

Ada anjuran mengonsumsi makanan dan minuman yang lama dicerna sehingga rasa lapar tidak segera muncul. Misalnya minum susu, makan telur, atau makanan lainnya yang lama dicerna. Meski demikian seseorang tetap harus menjaga keseimbangan makanannya tidak terlalu mementingkan protein. Secara garis besar menu sahur yang baik menurutnya ada sayur, buah, lauk pauk, dan karbohidrat.

Agar makanan juga tambah lama memberikan rasa kenyang seseorang bisa memilih menu diet yang tinggi serat dan rendah Indeks Glikemik (IG).

Pilih makanan dengan Indeks Glikemik (IG) yang rendah, dianjurkan dengan IG kurang dari 54 dan cenderung memberikan rasa kenyang yang lama, misalnya nasi merah, ubi.

Hindari konsumsi makanan dengan kandungan garam yang tinggi. Alasannya selain karena tak baik untuk mereka yang punya hipertensi garam juga bisa meningkatkan kebutuhan tubuh terhadap air. Makanan bergaram tinggi ini biasanya ada di gorengan, fast food, dan makanan dengan kadar garam tinggi lainnya.

Selanjutnya, minum air putih yang cukup dan pastikan makanan yang mengandung lemak jenuh dibatasi, sedangkan protein harus cukup.