Makanan untuk Mengobati Tekanan Darah Rendah

Sering merasa pusing atau lesu? Mungkin Anda mengalami tekanan darah rendah. Orang dikatakan mengalami tekanan darah rendah jika tekanan sistolik (angka atas dalam pembacaan tekanan darah) kurang dari 90 mmHg atau nilai tekanan diastolik (angka bawah dalam pembacaan tekanan darah) kurang dari 60 mmHg.

Untuk mengatasi tekanan darah rendah, langkah awal yang bisa dilakukan adalah dengan memilih cara yang lebih alami, yaitu dengan mengonsumsi makanan sehat.  Berikut 10 makanan terbaik mengatasi tekanan darah rendah atau hipotensi :

1. Kacang-kacangan

Penelitian di Harvard Heart Letter merekomendasikan untuk makan kacang-kacangan karena dapat meningkatkan tekanan darah. Kacang-kacangan dapat dicerna secara perlahan oleh sistem pencernaan. Inilah yang membuat tekanan darah naik. Jadi, jangan lupa mengonsumsi buncis, kacang merah, kacang polong, dan kacang hijau ke dalam menu makanan Anda sehari-hari.

2. Air mineral

Berkurangnya jumlah cairan di tubuh turut mempengaruhi nilai tekanan darah. Oleh karena itu salah satu cara menaikkan tekanan darah adalah dengan cukup mengonsumsi air putih kurang lebih sekitar 8-10 gelas per hari.

3. Sayur bayam

Sayuran hijau seperti bayam kaya akan kalium, namun rendah sodium. Folat dalam bayam juga dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan melemaskan pembuluh darah. Proses ini nantinya akan mempertahankan kelancaran aliran darah.

4. Daging dan hati ayam

Daging ayam mengandung protein hewani yang diyakini bisa meningkatkan tekanan darah. Sebab, tubuh membutuhkan protein untuk membangun sel, termasuk sel dalam pembuluh darah. Pembuluh darah yang lemah akan mempengaruhi aliran dan tekanan darah ke seluruh tubuh.

Konsumsi hati atau daging dianjurkan, yang penting asin. Tekanan darah rendah salah satunya terjadi karena kandungan garam dalam darahnya rendah, jadi usahakan makan makanan yang asin atau kandungan garamnya tinggi untuk mengganti elektrolit yang hilang.

5. Roti dan sereal

Roti dan sereal memberikan 20 persen zat besi jika dikonsumsi setiap hari. Gandum memberikan efek lebih sehat pada tubuh sehingga penting untuk dijadikan menu makanan Anda sehari-hari. Selain itu, gandum juga mempunyai banyak kandungan zat besi yang mampu mengurangi risiko tekanan darah rendah

6. Kopi

Kopi memiliki antioksidan yang membantu menahan efek buruk dari peradangan pada arteri. Sesaat setelah meminumnya, kopi meningkatkan tekanan pada darah dan denyut jantung.

Tekanan darah rendah bisa dinaikkan dengan meminum kopi 1-2 gelas per hari, yang penting tidak berlebihan.

7. Konsumsi Buah Kurma

Buah kurma sudah dipercaya untuk memulihkan kondisi tubuh yang lemah, seperti halnya yang kita ketahui saat bulan puasa, buah kurma merupakan makanan yang wajib ada ketika berbuka puasa, hal ini dimaksudan untuk mengembalikan energi yang hilang setelah beraktifitas padat dalam sehari penuh, sehingga tubuh menjadi lemah, dengan mengkonsumsi buah kurma maka tubuh akan kembali segar dan juga sehat.

8. Konsumsi Telur Setengah Matang

Telur setengah matang sangat kaya akan protein, hal ini juga sangat cocok bagi penderita darah rendah ketika sedang kambuh, jika anda perna mendonorkan darah anda, maka pasti anda akan disuguhi telur setengah matang dan juga susu murni, hal ini difungsikan untuk mengembalikan kondisi tubuh anda agar cepat memperoleh energi yang cukup kembali.

9. Mengkonsumsi Sate Kambing

Lain halnya denga penderita hipertensi/ darah tingi, penderita darah rendah malah sangat disarankan untuk mengkonsumsi sate kambing untuk mempercepat pemulihan kondisi tubuhnya, sate kambing dipercaya sangat ampuh untuk memulihkan darah rendah anda

10. Konsumsi Suplemen Penambah Darah

Agar cepat pulih anda juga bisa mengkonsumsi suplemen penambah darah yang tersedia di apotek apotek terdekat.