Khasiat Jeruk Nipis bagi Kesehatan

jeruk nipis
Sepertinya tak banyak yang tahu tentang berbagai manfaat jeruk nipis atau khasiat-khasiat yang dihasilkan dari jeruk nipis ini. Jeruk nipis atau ada juga yang menyebutnya lime ini adalah salahsatu buah yang memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan atau juga kecantikan kulit. Biasanya jeruk nipis digunakan dalam campuran makanan atau minuman untuk memberikan cita rasa asam, namun tentu tak hanya itu saja manfaat dari salahsatu jenis jeruk ini.

Manfaat Jeruk Nipis

Jeruk Nipis memiliki kandungan nutrisi dan juga vitamin yang baik untuk tubuh. Dibandingkan dengan Lemon jeruk nipis memiliki kandungan Asam yang lebih rendah. Jeruk nipis bisa dikonsumi menjadi minuman baik dalam bentuk minuman hangat atau dingin dan tentu saja rasa dari minuman dari jeruk nipis ini segar. Bahkan jeruk nipis  selain baik untuk dikonsumsi bisa juga sebagai salahsatu bahan untuk merawat kecantikan tubuh. Apabila dibuat sebagai scrub atau juga masker dapat menghilangkan dari flek hitam yang menempel pada kulit wajah selain itu bisa juga untuk mengontrol kelebihan minyak yang muncul pada kulit wajah.

Batu Ginjal juga dapat dicegah dengan jeruk nipis ini, didalam jeruk nipis terdapat kandungan sitrat yang cukup tinggi sementara itu banyak pasien batu ginjal memiliki kadar sitrat yang rendah. Pada jeruk nipis tipe lokal atau citrus aurantifolia swingle yang memiliki bentuk bulat didalamnya memiliki kandungan sitrat sepuluh kali lebih besar jika dibandingkan dengan kandungan sitrat pada jeruk keprok atau jika dibandingkan dengan jeruk manis enam kali lipat nya. Kandungan sitrat jeruk nipis dalam per kilogramnya sekitar 55,6 gram.

Manfaat dan Khasiat Jeruk Nipis bagi Kesehatan Tubuh

Dibawah ini beberapa manfaat dari jeruk nipis bagi kesehatan yang dikumpulkan dan dirangkum dari berbagai sumber :

1.) Kaya Vitamin C
 Jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C yang cukup banyak untuk memenuhi kebutuhan vitamin C setiap harinya. Kebutuhan vitamin C harian pada pria dan juga wanita memiliki sedikit perbedaan, pada pria dewasa vitamin C dianjurkan sekitar 90 mg dan pada wanita dewasa sekitar 75 gram, dan kandungan vitamin C didalam jeruk nipis ini minimal didalamnuya ada sekitar 50 mg.

2.) Kaya Mineral
 Pada jeruk nipis kandungan mineral yang ada didalamnya cukup tinggi, didalamnya mengandung kalium sekitar 490 mg. Kandungan mineral lainnya yang ada di dalam jeruk nipis adalah kalsium, zat besi, tembaga dan juga fosfor.

3.) Baik untuk Kesehatan Pencernaan
 Produksi empedu dan juga cairan pada pencernaan dapat ditingkatkan dengan jeruk nipis, karena didalam jeruk nipis terkandung flavanoids. Cairan yang ada didalam jeruk nipis tersebut dapat mengeluarkan dan menghilangkan racun yang ada didalam tubuh. Orang yang menderita, diare, muntah dan mual juga dapat diobati dengan menggunakan jeruk nipis ini.

4.) Baik untuk Diet
 Khasiat Jeruk Nipis lainnya adalah untuk diet, Anda bisa menambahkan menu jeruk nipis ini untuk dikonsumsi dalam rencana diet Anda dalam rangka menurunkan berat badan. Kandungan kalori yang terdapat dalam jeruk nipis sekitar 43 kalori secara keseluruhan, jadi jeruk nipis merupakan salahsatu buah yang memiliki kalori yang rendah.

5.) Digunakan sebagai Obat
 Kandungan Anti-virus dan juga Anti-septik didalam jeruk nipis dapat mengobati beberapa penyakit yang ringan, tentu saja tidak ada salahnya untuk selalu menyediakan jeruk nipis dirumah sebagai obat atau jika tidak digunakan sebagai obat, jeruk nipis bisa digunakan sesuai dengan keinginan Anda seperti mencampurnya dalam masakan atau mungkin menjadikannya sebagai minuman segar.

6.) Melawan Penuaan
 Khasiat jeruk nipis lainnya adalah untuk melawan penuaan pada kulit yang diakibatkan oleh usia dan juga sinar UV, jeruk nipis dapat digunakan sebagai masker sehingga penuaan dapat dicegah dan datang lebih lambat. Penggunaan jeruk nipis untuk melawan penuaan ini karena didalam jeruk nipis terdapat senyawa yang dapat menghambat produksi dari melanin, melanin ini dapat menambahkan pigmen dalam kulit sehingga lama-kelamaan menjadi menumpuk dan menimbulkan bintik-bintik da senyawa dalam jeruk nipis mampu menghambat dari produksi melanin tersebut.

7.) Sebagai Anti Kanker
 Seperti yang diungkapkan oleh peneliti bahwa kandungan Limonoid yang ada didalam jeruk nipis telah terbukti dan ampuh dalam meminimalkan resiko dari adanya kanker usus besar, darah dan juga lambung. Selain itu, seperti halnya dengan cokelat hitam dan manfaat Teh Hijau kandungan Limonoid yang ada didalam jeruk bisa menghilangkan radikal bebas yang ada didalam tubuh manusia.

8.) Menurunkan Kolesterol
 Manfaat Jeruk Nipis lainnya adalah menurunkan kolesterol. Kadar kolesterol dan juga trigliserida juga mampu diturunkan dengan jeruk nipis ini, karena didalam jeruk nipis terdapat Flavonoid yang memiliki nama hesperidin.

9.) Mengatasi Ketombe
 Masalah pada rambut salahsatunya adalah ketombe. Rasa gatal dan pengelupasan pada kulit kepala merupakan salahsatu ciri dari adannya masalah pada rambut yaitu ketombe. Jeruk nipis memiliki kandungan asam sitrat yang dipercaya sudah efektif dalam mengatasi masalah pada ketombe.

Jeruk Nipis merupakan salahsatu jeruk yang memiliki banyak kebaikan untuk kesehatan tubuh Anda. Manfaat Jeruk Nipis diatas tentu hanya sebagian kecil dari khasiat yang masih belum diketahui lainnya dari jeruk nipis. Seperti yang telah diuraikan diatas tentang khasiatnya untuk kesehatan tubuh termasuk juga mencegah berbagai macam penyakit Anda bisa mencobanya sebagai salahsatu pilihan konsumsi buah sehat untuk keseharian Anda.

Manfaat dan Khasiat Jeruk Nipis

Tak hanya kesehatan, manfaat jeruk nipis lainnya termasuk juga menjaga kecantikan tubuh seperti diet untuk menguruskan badan dan juga perawatan untuk rambut Anda. Bahkan ada juga terapi jeruk nipis ala Dewi Yull yang memiliki banyak manfaat lainnya, beberapa diantaranya seperti untuk kesuburan agar cepat hamil, terapi jeruk nipis untuk sakit maag, dll.