Gaya Hidup Agar Sperma sehat

Banyak pasangan yang mengharapkan buah hati cenderung fokus pada intensitas aktivitas bercinta. Tapi masalah kesehatan sperma sering terlupakan.

Sperma yang sehat sangat penting untuk menentukan kesuburan pasangan Anda. Kesehatan sperma sangat ditentukan kuantitas dan kualitasnya.

Mengenali ciri-ciri sperma sehat

• Kuantitas
Salah satu ciri sperma sehat adalah jika jumlahnya mencapai 20 juta per mililiter semen (air mani). Dari 1 juta sperma, hanya sekitar 200 ekor yang mampu mencapai sel telur di rahim. Dan hanya satu pemenangnya yang bisa membuahi sel telur tersebut.

• Kualitas
Kualitas sperma bisa dilihat dari bentuk dan pergerakannya. Bentuk sperma yang baik adalah yang berkepala oval atau lonjong dengan ekor yang panjang dan berujung lancip.

Yang bentuknya tidak normal, misalkan berkepala kecil, pipih atau berekor pendek berarti tidak sehat. Jika bentuknya tidak normal, sperma tidak akan bisa masuk ke rahim dan melakukan pembuahan.

Gerak sperma untuk mencapai sel telur menunjukkan kualitasnya. Sperma yang baik berenang maju secara lurus dan cepat. Sedangkan sperma yang tak sehat bergerak lambat dan tidak terarah. Sperma itu tidak akan bisa mencapai sel telur, dan bahkan akan keluar lagi dari mulut vagina bersama dengan semen.

Bagaimana cara memperoleh sperma sehat?

Naturopath Tracy Wolf dari Tracy Wolf Health Sidney, Australia mengungkapkan, nutrisi merupakan elemen paling penting dalam produksi sperma yang sehat dan berkualitas. Seperti juga tubuh, sperma membutuhkan berbagai nutrisi untuk meningkatkan kesehatannya.

Apa saja nutrisi yang diperlukan untuk meningkatkan kualitas sperma?

• Zinc

Kerang sering disebut-sebut sebagai makanan afrodisiak, atau bahan makanan pembangkit gairah seksual. Kuncinya ternyata ada pada kandungan zinc dalam kerang. Mineral tersebut sangat diperlukan untuk produksi sperma yang sehat. Bahan lain yang merupakan sumber utama zinc adalah jahe, biji wijen, dan biji bunga matahari.

• Selenium

Selenium merupakan zat antioksidan. Selenium melindungi DNA dan sistem saraf, mencegah sperma mengalami kerusakan. Sebanyak 40% kerusakan sperma terjadi karena pengaruh radikal bebas. Dengan melindungi sperma dari radikal bebas, kesehatan sperma bisa lebih terjaga.

• Vitamin B kompleks

Pria membutuhkan vitamin B kompleks untuk meningkatkan fungsi tubuh secara fisik dan mental. Vitamin B6 dan B2 berperan penting pada produksi hormon seksual pada laki-laki.

Gaya hidup

Pengaruh gaya hidup pria juga bisa mengganggu kesehatan sperma. Ada beberapa hal yang harus dihindari oleh pasangan Anda agar tak merusak kualitas sperma.
  • - Hindari konsumsi rokok untuk mengurangi nikotin dan efek radikal bebas yang mengurangi kesuburan sperma.
  • - Hindari minum alkohol yang bisa menurunkan kualitas dan kuantitas sperma.
  • - Hindari suhu panas seperti mandi berendam air panas atau mandi uap (sauna). Kondisi terlalu panas akan membunuh sel sperma
  • - Jangan menggunakan celana yang terlalu ketat karena akan hal itu akan membuat alat kelamin pria tertekan dan panas.
  • - Jaga kondisi alat kelamin Regularly splash the testicles with cold water
  • - Jaga pola makan dan kebugaran untuk menghindari kelebihan berat badan.
  • - Hindari stres dan depresi yang mengganggu produksi sperma