7 Makanan Ini Bisa Turunkan Darah Tinggi, Mau Coba..

Tekanan darah tinggi menjadi salah satu masalah medis yang banyak dialami.

Berbagai faktor penyebab terjadinya tekanan darah tinggi, seperti asupan garam yang berlebih, kegelisahan, obesitas, kekurangan beberapa nutrisi, dan lainnya.

Ada beberapa cara untuk menurunkan tekanan darah tinggi, salah satunya menjalani pola makan yang sehat. Berikut ini adalah tujuh makanan penting untuk menurunkan tekanan darah tinggi:

1. Sayuran hijau

Sayuran hijau, seperti bayam dapat membantu mengurangi tekanan darah tinggi karena bayam mengandung kalium yang banyak.

Selain bayam, seledri juga bisa menjadi pilihan kita untuk dikonsumsi.

2. Susu bebas lemak

Susu bebas lemak merupakan salah satu asupan terbaik untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Susu bebas lemak mengandung kalsium yang tinggi serta vitamin D.

Akan lebih baik jika susu dikonsumsi hangat. Dan jangan lupa untuk memeriksa tidak ada lemak sama sekali, karena kehadiran lemak akan menyebabkan peningkatan tekanan darah.

3. Tomat

Kandungan kalsium, magnesium, vitamin C, vitamin D, dan vitamin E pada tomat dapat membantu mengurangi tekanan darah jika dikonsumsi secara teratur.

4. Bawang putih

Bawang putih dapat mencegah pembekuan darah dan penebalan pembuluh darah. Tidak hanya itu, bawang juga dapat menahan efek buruk yang disebabkan oleh tekanan darah tinggi dan membantu menghilangkan penyumbatan di jantung.

5. Gandum atau oats

Untuk menurunkan tekanan darah tinggi, rutinlah mengonsumsi oats sebagai sarapan rutin.

6. Kurangi makanan asin dan pedas

Mengurangi asupan garam menjadi langkah penting untuk menurunkan tekanan darah tinggi, karena kandungan sodium merupakan elemen yang menyebabkan meningkatnya tekanan darah di arteri.

Dan ternyata makanan pedas juga dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, sehingga menghindari makanan pedas akan menurunkan tekanan darah tinggi.

7. Buah-buah segar

Semua buah-buahan mengandung mineral dan vitamin yang akan membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Mengonsumsi buah-buahan juga tidak akan meningkatkan kadar gula di dalam tubuh karena rasa manis pada buah adalah alami.
   
Selain tujuh makanan tersebut yang bisa dikonsumsi untuk menurunkan tekanan darah, jangan lupa juga untuk minum air dalam jumlah yang banyak setiap hari untuk menurunkan ketegangan saraf yang juga menjadi salah satu faktor munculnya tekanan darah tinggi.

Untuk suplemen yang bisa bermanfaat untuk membantu mengatasi hipertensi bisa baca disini.