Kenali tanda stroke dengan SEGERA



Stroke ibarat sebuah angin kencang yang melanda otak, datang tiba-tiba dan banyak menimbulkan kerusakan. Semakin lama serangan stroke menyerang otak, semakin banyak bagian otak yang  mengalami kerusakan. Penanganan yang cepat dan tepat pada stroke akan mengurangi kerusakan permanen akibat badai otak ini. Karena itu pengenalan segera tanda stroke akan membuat kita lebih “ngeh” kalau sesorang terkena stroke. Salah satu metode yang diperkenalkan untuk mengingat tanda stroke adalah SEGERA, Senyum, Gerak, Bicara.

1. Senyum

Senyum pada penderita stroke merupakan tanda khas stroke, senyum berupa senyum mencong atau senyum sinis. Senyum mencong terjadi secara tiba akibat gangguan aliran darah ke bagian otak yang mengatur gerak bibir dan  mulut. Daerah ini di otak cukup menempati porsi yang besar pada daerah pengatur gerakan di otak. Karena itu tanda ini cukup sensitif untuk mengenali adanya gangguan aliran darah ke otak.
Senyum mencong ini perlu dibedakan dengan penyebab kerusakan karena sarat tepi. Pada kerusakan saraf tepi disertai dengan adanya  alis yang juga mencong. Maksudnya alis pada sisi yang sama dengan bibir tidak dapat diangkat.

2. Gerak
Gangguan selanjutnya adalah gangguan gerak tangan dan kaki. Penderita stroke menjadi tidak dapat menggerakkan tangan dan kakinya secara tiba-tiba. Kelemahan ini memiliki derajat yang bervariasi, mulai dari kesemutan, lemas, sampai lumpuh total. Jika terjadi pada tangan dan kaki hanya pada satu sisi yang sama dan terjadi tiba-tiba harus dicurigai terjadi serangan stroke.

Saya sering menerima keluhan kelumpuhan pada orang tua setelah terjatuh di kamar mandi. Menurut keluarga kelumpuhan tersebut terjadi karena penderita jatuh dan mengalami benturan. Tetapi tanda benturan nyaris tidak ditemukan. Kalaupun ada hanya minimal, tidak sebanding dengan kelumpuhan yang terjadi. Kondisi ini sering terjadi pada stroke kamar mandi. Mekanisme sebenarnya adalah penderita terkena stroke yang menyebabkan dia limbung, lumpuh,  dan terjatuh. Jadi bukan karena penderita terpeleset, terjatuh dan lumpuh. Karena salah kira ini seringkali keluarga tidak menganggap serius kejadian ini 
Kelemahan anggota tubuh sebelah tiba-tiba.

Stroke diakibatkan adanya sumbatan pembuluh darah atau pecahnya pembuluh darah di otak. Jika terjadi kondisi tersebut bagian otak yang teraliri darah tidak akan mendapat suplai darah sehingga fungsinya terganggu. Jika bagian yang terkena tersebut mengatur anggota gerak, maka akan terjadi kelemahan anggota tubuh satu sisi yang terjadi tiba-tiba.

Penurunan kesadaran.

Kondisi ini lebih sering terjadi pada stroke perdarahan, walaupun pada stroke sumbatan juga dapat terjadi. Adanya perdarahan di kepala akan menyebabkan penurunan kesadaran karena gangguan metabolisme. Demikian juga dengan adanya sumbatan pembuluh darah, fungsi otak akan terganggu dan penurunan kesadaran salah satu tandanya.

3. Bicara cadel.

Kesulitan untuk bicara bisa jadi menjadi gejala yang muncul. Kesulitan ini muncul terutama jika mengucapakan huruf ”R” yang menjadi “L”.

Tanda-tanda tersebut adalah tanda yang mudah dikenal oleh orang awam. Jika muncul tanda-tanda tersebut segeralah bawa penderita ke dokter terdekat agar penanganan terbaik dapat diperoleh.