Multiple Mononeuropathy

Multiple mononeuropathy (mononeuritis multiplex) adalah kerusakan perangsangan pada dua atau lebih syaraf peripheral pada daerah terpisah pada tubuh. yang menyebabkan kelainan sensasi dan kelemahan.

Multiple mononeuropathy biasanya mempengaruhi hanya beberapa syaraf, seringkali pada daerah berbeda pada tubuh. Sebaliknya, polyneuropathy mempengaruhi banyak syaraf, biasanya pada sekitar daerah yang sama pada kedua sisi tubuh. meskipun begitu, jika multiple mononeuropathy berhubungan dengan banyak syaraf, yang kemungkingan sulit untuk dibedakan dari polyneuropathy.


PENYEBAB


Beberapa gangguan bisa menyebabkan mononeuropathy, dan setiap gangguan menghasilkan gejala-gejala yang khusus. Diabetes kemungkinan adalah penyebab yang paling umum, meskipun diabetes lebih umum menyebabkan polyneuropathy. Penyebab umum lainnya pada multiple mononeuropathy termasuk polarteritis nodosa, lupus (systemic lupus erythematosus), sindrom sjorgen, rheumatoid arthritis, sarcoidosis, amyloidosis, dan infeksi (seperti penyekit lyme dan infeksi HIV). Multiple mononeuropathy bisa dihasilkan dari serangan langsung pada syaraf oleh bakteri, sebagaimana terjadi pada leprosy. Gangguan bisa mempengaruhi syaraf tersebut dengan tiba-tiba atau mempengaruhi mereka secara progresif, dengan cepat.

GEJALA

Orang mengalami nyeri, lemah, kelainan sensasi, atau kombinasi pada daerah yang disuplai oleh syaraf yang terkena. Gejala-gejala seringkali dimulai pada salah satu bagian tubuh. Ketika diabetes adalah penyebab tersebut, otot pada mata dan paha seringkali terkena.

DIAGNOSA

Dokter mendasari diagnosa pada gejala-gejala dan hasil pemeriksaan fisik, tetapi electromyography dan tes konduksi syaraf biasanya dilakukan untuk memastikan diagnosa tersebut.

PENGOBATAN

Pengobatan tergantung pada penyebab.(medicastore)