Massa pada Leher

Massa leher adalah pembengkakan yang merubah bentuk leher.

PENYEBAB

Massa leher sangat sering terjadi pada anak-anak. Penyebab yang paling sering pada massa leher adalah pembesaran salah satu atau lebih getah bening. Getah bening bisa membesar jika terinfeksi (lymphadenitis) atau jika terdapat infeksi di sekitarnya, seperti tenggorokan. Beberapa massa leher diakibatkan oleh kista (kantung berisi cairan) terdapat dari lahir yang dipastikan hanya setelah itu menjadi meradang atau terinfeksi. Penyebab lain termasuk pembengkakan disebabkan luka berat pada leher, peradangan pada kelenjar ludah, atau tumor yang tidak bersifat kanker (benign). Jarang, lymphoma dan tumor tiroid atau tumor kanker lain (malignant) adalah penyebabnya.

GEJALA

Kebanyakan massa leher tidak menyebabkan gejala-gejala dan menjadi perhatian besar orangtua dibandingkan anak yang mengalaminya. Meskipun begitu, getah bening yang terinfeksi atau kista adalah lunak dan menyakitkan sekali.

DIAGNOSA

Karena kebanyakan massa leher disebabkan oleh infeksi virus dan hilang tanpa pengobatan, tes biasanya tidak diperlukan sampai massa berlangsung untuk beberapa minggu. Meskipun begitu, dokter bisa menggunakan kain penyeka dari belakang tenggorokan untuk tes infeksi bakteri, atau mereka bisa melakukan tes darah untuk memeriksa beberapa kondisi sebagai infectious mononucleosis, leukemia, hyperthyroidism, atau masalah pendarahan. Dokter bisa juga melakukan sinar X dan computed tomography (CT) untuk memastikan jika massa adalah tumor atau kista dan untuk memastikan lebih tepat seberapa besar hal ini dan dimana meluasnya. Tes kulit bisa dipastikan jika tuberculosis kemungkinan menjadi penyebab, dan biopsi memberikan dokter informasi mengenai apakah tumor kanker hadir.

PENGOBATAN

Pengobatan pada massa leher bergantung pada penyebabnya. Antibiotik sangat berguna untuk lymphadenitis dan infeksi bakteri lainnya. Massa yang disebabkan infeksi virus dan pembengkakan dari luka berat berangsur-angsur hilang bersamaan dengan waktu. Tumor dan kista biasanya memerlukan operasi.