Angiografi Mata

Tes yang oleh dokter disebut angiografi fluorescein ini, digunakan kamera khusus yang mengambil foto mata secara berurutan dengan cepat. Pengambilan foto dilakukan setelah injeksi cairan khusus yang dinamakan fluorescein sodium pada vena di lengan. Adanya cairan kontras akan memungkinkan dokter melihat gambaran pembuluh darah di dalam mata.

Mengapa tes angiografi mata dilakukan?

Angiografi mata mungkin dilakukan untuk membantu menemukan problem pada retina, tumor dan gangguan sirkulasi atau inflamasi.

Apa yang harus Anda ketahui sebelum tes angiografi mata?

   1. Anda akan diberitahu tentang tes angiografi mata, termasuk siapa yang akan melakukan, di mana dilakukannya, dan biasanya berlangsung selama 30 menit.
   2. Katakan pada dokter jika Anda menderita glaucoma atau pernah mengalami reaksi yang buruk terhadap tetes mata pelebar pupil. Selama tes angiografi mata, akan diberikan tetes mata utnuk melebarkan pupil mata dan cairan kontras akan diinjeksikan pada lengan Anda. Mata Anda akan difoto dengan kamera khusus sebelum dan sesudah penginjeksian.
   3. Anda akan menandatangani surat yang menunjukkan persetujuan Anda untuk dilakukan tes angiografi mata. Pastikan untuk membaca surat persetujuan ini hati-hati dan tanyakan jika ada bagian yang tidak Anda mengerti.

Apa yang terjadi selama tes angiografi mata?

   1. Perawat akan meneteskan tetes mata pada mata Anda. Kemudian Anda duduk pada kursi pemeriksaan, menghadapa pada kamera. Pakaian yang ketat pada seputar leher akan dilonggarkan atau dilepas.
   2. Anda menempelkan dagu dan dahi Anda pada sebuah alat. Kemudian Anda membuka mata Anda lebar-lebar dan menatap lurus; sambil menjaga gigi tetap tertutup dan bernafas dengan normal serta berkedip-kedip.
   3. Perawat akan membersihkan lengan atas bagian dalam dengan larutan antiseptic; kemudian cairan kontras diinjeksikan dengan cepat. Anda harus menjaga posisi Anda dan menatap lurus ke depan.
   4. Anda mungkin akan merasa mual dan panas. Katakan pada dokter jika Anda merasakan hal tersebutr, terutama jika tetes mata atau cairan kontras membuat Anda merasa ingin muntah, jika Anda merasa kering pada mulut atau terasa logam, jika Anda merasa pusing atau pingsan, atau jika Anda mulai merasa gatal-gatal.
   5. Setelah cairan kontras diinjeksikan, diambil foto sebanyak 25 atau 30 foto yang berurutan dengan cepat. Setiap foto diambil selama 1 detik setelah foto sebelumnya.
   6. Jarum dan semprit diambil dengan hati-hati. Pada tempat injeksi dipasang kasa dan perban.
   7. Jika foto terakhir sudah selesai diambil, Anda duduk dan rileks selama 20 menit. Kemudian difoto lagi sebanyak 5 sampai 10 foto.

Apa yang terjadi setelah tes angiografi mata?

   1. Kulit dan air kencing Anda akan mengalami sedikit perubahan warna selama sehari atau dua hari sesudahnya.
   2. Penglihatan dekat Anda akan kabur hingga 12 jam. Pada saat itu, Anda harus menghindari sinar matahari langsung, Anda tidak boleh mengemudi.

Apakah tes angiografi mata berisiko?

   1. Cairan kontras yang digunakan dapat menyebabkan mual, muntah, bersin, mati rasa pada lidah, dan pusing. Rasa ini akan menghilang dengan cepat.
   2. Kadang-kadang cairan kontras menyebabkan problem yang parah, seperti kesulitan bernafas. Dokter akan memberikan suntikan jika timbul komplikasi ini.

Apa yang dimaksud dengan hasil yang normal?

Setelah injeksi cepat, cairan kontras akan mencapai retina dalam waktu 15 detik dan mengisi pembuluh darah. Setelah mengisi pembuluh darah, cairan kontras akan disirkulasikan kembali melalui pembuluh darah selama 30 sampai 60 menit setelah injeksi. Normalnya, tidak ada bocoran cairan kontras dari pembuluh darah retina.

Apa yang dimaksud dengan hasil yang tidak normal?

Tes angiografi mata dapat mendeteksi aneurisma kecil, shunt arteriovenus, dan pembentukan pembuluh darah baru. Tes angiografi mata ini dapat juga untuk menemukan penyakit mata yang disebabkan oleh tekanan darah tinggi. Tes angiografi mata dapat menampakkan tumor dan pembengkakan atau peradangan pada retina.