Mau Memperbesar Payudara? Ini Caranya..

Payudara besar nan indah masih menjadi impian banyak wanita, hingga operasi berjuta-juta pun rela dilakukan. Tapi selain operasi, ada beberapa cara alami dan sehat yang bisa memperbesar payudara. Apa saja?

Beberapa makanan dapat meningkatkan kadar hormon, seperti estrogen dan prolaktin, yang secara langsung dapat memperbesar ukuran dan bentuk jaringan payudara. Olahraga juga dapat memperkuat otot yang mencegah payudara kendur.

Berikut beberapa cara sehat dan alami yang dapat membantu memperbesar payudara wanita, seperti dilansir Livestrong, Kamis (26/1/2012):

 1. Tahu dan tempe

Tahu dan tempe memiliki senyawa seperti genistein dan daidzein yang secara alamiah terdapat dalam kedelai dan kacang-kacangan lain. Senyawa ini adalah bagian dari kelas molekul yang disebut isoflavon, yakni senyawa mirip estrogen yang dapat mempengaruhi hormon-hormon dalam tubuh manusia.

National Institutes of Health (NIH) mengakui penggunaan teoritis kedelai sebagai penmbesar payudara, tetapi menggunakan ini didasarkan sepenuhnya dalam tradisi dan teori, karena belum ada penelitian ilmiah yang membuktikan hal tersebut.

2. Susu

Semua produk susu mengandung hormon reproduksi yang identik dengan yang ditemukan dalam tubuh manusia. Susu sapi mengandung estrogen alami, progesteron dan prolaktin, yang penting untuk produksi susu pada mamalia.

Jumlah jejak hormon yang ditemukan dalam susu tidak mungkin menghasilkan perubahan radikal dalam tubuh manusia, tetapi setidaknya dapat berkontribusi untuk pertumbuhan jaringan payudara.

3. Licorice (akar manis)

NIH melaporkan bahwa akar licorice dapat meningkatkan kadar prolaktin dan estrogen, dua hormon yang terkait dengan menyusui dan pertumbuhan payudara.

4. Adas

Adas digunakan sebagai sayuran dan rempah-rempah yang banyak tumbuh di wilayah timur Mediterania. Menurut Journal of Ethnopharmacology, adas mengandung senyawa obat dianethole dan photoanethole, yang dapat mengubah kadar estrogen dalam tubuh manusia.

Benih-benih tanaman ini memiliki ciri khas rasa manis dengan aromanya yang sedikit tajam. Selain digunakan sebagai bumbu masak, ada juga digunakan secara tradisional untuk merangsang aliran ASI pada ibu menyusui.

5. Latihan otot-otot dada

Latihan yang bekerja pada otot dada dapat meningkatkan ukuran payudara dengan meningkatkan ukuran otot pendukungnya, sehingga tampak lebih besar.

Contoh latihan otot dada antara lain latihan tekanan, yaitu dengan berdiri tegak menghadap dinding, bersandar dengan tangan dan tekan dinding sekuat mungkin. Selain itu juga bisa dengan gerakan push up.

6. Latihan perut, punggung dan otot bahu

Latihan yang memperkecil perut, punggung dan otot bahu dapat membuat payudara tampak lebih busung dan naik. Latihan ini tidak akan mendapat manfaat langsung ke payudara, namun bisa membantu payudara terlihat lebih besar dengan memberikan dukungan dan melangsingkan daerah sekitar payudara.

Contoh latihan ini adalah sit up, berjalan cepat, jogging, berenang, tenis, bersepeda dan juga hiking.

7. Pijat payudara

Melakukan pijat secara teratur bisa meningkatkan ukuran payudara. Hal ini karena pijat memiliki kemampuan untuk merangsang aliran darah ke daerah tersebut. (detikhealth)