Payudara, Bagian Tubuh Wanita yang Mengagumkan

Payudara adalah bagian tubuh perempuan yang mengagumkan dan kerap mendapat banyak perhatian. Organ tubuh ini mengagumkan karena tidak hanya indah, tapi payudara juga mengeluarkan susu yang menjadi makanan pertama bagi bayi.

Setiap payudara memiliki jumlah kelenjar susu 80–100 kelenjar. Tidak peduli seberapa besar atau kecil ukuran payudara, jumlah kelenjar susu umumnya sama. Karena itu produksi ASI payudara yang kecil maupun besar biasanya sama.

Menurut para ahli, hanya manusia perempuanlah yang memiliki payudara dengan ukuran berbeda-beda. Bahkan ketika tidak menyusui, manusia menjadi satu-satunya primata yang payudaranya tetap menggembung. Karena itu ditengarai bahwa bentuk luar payudara tidak hanya berkaitan dengan kegiatan menyusui.

Payudara menjadi kebanggaan wanita karena merupakan salah satu karakteristik seks sekunder dan memiliki peranan penting dalam daya tarik seksual partnernya. Tak heran beberapa pria menjadikan payudara sebagai fantasi seksualnya.

Sedangkan bagi perempuan, payudara juga bisa memberi sensasi kenikmataan dalam aktivitas bercinta jika dirangsang dengan baik oleh pasangannya. Sebab payudara memiliki saraf-saraf yang akan merespons sentuhan. Bahkan para pakar mengatakan payudara dapat membesar hingga 25 persen jika terangsang. (detikhealth)