Saat Putri Kecil Mulai Penasaran dengan Payudara

Pada remaja putri, pembesaran payudara menjadi tanda awal dimulainya masa pubertas. Saat inilah banyak pertanyaan seputar payudara yang ingin diketahui dan bikin penasaran. Apa saja yang bikin penasaran?

Awal pubertas pada anak perempuan secara umum terjadi pada rentang usia 8 hingga 13 tahun. dr Aditya Suryansyah Semendawai, Sp.A, dalam artikel detikHealth menjelaskan bahwa tanda awal pubertas pada anak perempuan adalah perubahan pada payudara.

"Payudara akan terlihat mulai membesar, seperti bukit kecil dengan puting susu (areola) melebar. Kemudian diikuti dengan pertumbuhan rambut pubis, bau badan, jerawat, percepatan tinggi dan berat badan," jelas dr Aditya yang merupakan spesialis anak di RSAB Harapan Kita.

Saat terjadi perubahan pada payudara, seringkali remaja perempuan ingin mengetahui banyak hal tentang organ sensitifnya.

Beberapa pertanyaan seputar payudara yang membuat banyak penasaran remaja, seperti dilansir Livestrong, Jumat (29/4/2011):

1. Mengapa payudara perempuan membesar?
Ada dua faktor yang mempengaruhi pertumbuhan payudara pada perempuan, yaitu gizi dan genetika. Pertumbuhan payudara akan dimulai saat memasuki masa pubertas. Hormon pubertas yang dihasilkan oleh kelenjar pituitari memainkan peranan penting.

Salah satu tanda awal dimulainya masa pubertas adalah pembesaran payudara sebagai akibat dari peningkatan produksi estrogen yang dirangsang oleh hormon pituitari.

Selama hormon estrogen terus dirilis pada tubuh perempuan, maka payudara akan terus tumbuh dan atau mempertahankan benatuknya. Payudara juga dapat sedikit membesar pada wanita yang minum pil KB atau pil pengganti estroge setelah menopause. Saat kehamilan payudara juga membesar akibat kenaikan sekresi estrogen.

Anak laki-laki juga sering mengalami pembesaran payudara pada tahap awal pubertas, tetapi biasanya payudara akan mencel setelah satu atau dua tahun.

2. Kapan payudara perempuan mulai tumbuh?
Pada masa pubertas, anak-anak perempuan sering bertanya mengapa payudara temannya sudah mulai membesar sedangkan ia belum. Pembesaran payudara merupakan awal dari masa pubertas, umumnya pada rentang usia 8 hingga 13 tahun.

Awal pubertas masing-masing anak berbeda bergantung pada banyak faktor, antara lain genetik, nutrisi, aktivitas, tingkat hormon dan kondisi kesehatan seperti stres dll.

3. Berapa besar ukuran payudara yang normal?
Ukuran payudara setiap perempuan berbeda-beda. Dari segi kesehatan, tidak ada standar untuk ukuran payudara.

Besar kecilnya payudara bergantung banyak hal, antara lain riwayat keluarga, usia, naik turunnya berat badan, sejarah kehamilan dan menyusui, ketebalan dan elastisitas kulit payudara, tingkat hormonal pada payudara dan menopause.

4. Apakah remaja putri bisa menderita kanker payudara?
Ya, meskipun jarang sekali terjadi selama masa remaja. Risiko kanker payudara paling besar pada perempuan dengan usia diatas 40 tahun atau lebih.

5. Jika payudara ibu dan kakak kecil, apakah payudaraku juga kecil?
Besar kecilnya ukuran payudara memang bisa dipengaruhi oleh riwayat keluarga. Tapi beberapa profesional kesehatan menjelaskan, selain genetik masih banyak hal yang bisa mempengaruhi besar kecilnya payudara.(detikhealth)